Kami sangat berharap agar beliau-beliau di DPR segera melakukan fit & proper test, dan kemudian kita berharap menyetujui Pak Badrodin Haiti sebagai kapolri yang baru
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sekretaris Negara Pratikno berharap Komisi III DPR segera melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test Badrodin Haiti sebagai calon tunggal kapolri.

"Kami sangat berharap agar beliau-beliau di DPR segera melakukan fit & proper test, dan kemudian kita berharap menyetujui Pak Badrodin Haiti sebagai kapolri yang baru," kata Praktikno di Istana Negara Jakarta, Rabu.

Dia menegaskan bahwa saat ini sedang fokus ke pemilihan calon kapolri karena Presiden Joko Widodo sudah mengajukan ke DPR.

"Presiden juga sebagaimana disampaikan pada beberapa kesempatan akan menghargai mekanisme yang berlaku di DPR," ungkapnya.

Terkait rumor bahwa Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan akan diposisikan sebagai wakapolri, Pratikno menyatakan tidak mau terjebak dengan diskusi semacam itu karena proses di DPR sedang berjalan.

Pratikno berharap Badrodin akan segera melakukan perannya sebagai kapolri secara baik, menaati mekanisme, kemudian menghargai upaya untuk reformasi kepolisian, pemberantasan korupsi.

"Kami percaya Pak Badrodin bersama dengan mekanisme internal Polri akan menentukan orang yang terbaik untuk masuk ke jajaran pimpinan Polri," katanya.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015