Madrid (ANTARA News) - Real Madrid, memperoleh kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 atas Rayo Vallecano dalam laga lanjutan pekan ke-30 La Liga Spanyol di Campo de Futbol de Vallecas, Kamis pagi WIB.

Gol kemenangan Madrid dicetak oleh sang bintang Cristiano Ronaldo pada menit 68 yang kemudian dilengkapi gelandang serang James Rodriguez pada menit 73.

Kemenangan tersebut penting diperoleh Madrid yang kini mengoleksi 70 poin dan menempati peringkat dua klasemen sementara, meski masih terpaut empat angka dari rival sengit mereka Barcelona (74) yang masih bertengger di puncak.

Akan tetapi, Madrid bukan sekadar harus terus menjaga tren positif meraih tiga poin demi tiga poin dari setiap sisa delapan pertandingan, namun juga mengharapkan Barcelona terpeleset.

Peluang Madrid masih ada, sebab di sisa delapan laga tersebut mereka hanya perlu menghadapi tim-tim penghuni delapan besar klasemen sementara sebanyak tiga kali saja yakni melawan peringkat empat Valencia (61), posisi kelima Sevilla (61) dan peringkat tujuh Malaga (45).

Sementara Barcelona, selain melawan tiga tim tersebut juga harus menghadapi juara bertahan Atletico Madrid (65) yang saat ini menempati posisi ketiga dan masih memiliki peluang tipis untuk mempertahankan gelar mereka.

Madrid sepanjang laga tampil dominan, namun harus menyudahi babak pertama dengan kedudukan imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua mereka terus membombardir pertahanan Vallecano, termasuk pada menit 51 ketika Ronaldo meminta wasit untuk menghadiahi dirinya tendangan penalti saat mengganggap dirinya dilanggar Antonio Amaya di dalam kotak penalti

Namun justru Ronaldo diganjar kartu kuning karena dianggap menjatuhkan diri tanpa ada kontak berarti dari Amaya, yang kemudian segera disusul dua kartu kuning lain untuk rekannya, Gareth Bale atas jegalan tak perlu dan Toni Kroos akibat memprotes keputusan wasit.

Akibat kartu kuning itu, Ronaldo harus absen di laga selanjutnya untuk menjalani hukuman akumulasi kartu.

Akan tetapi, Ronaldo memperlihatkan tajinya sebagai Pemain Terbaik Dunia dua tahun beruntun dengan memecahkan kebuntuan pada menit 68 menyambut umpan Jose Carvajal dari sisi kanan.

Berkat gol itu kini Ronaldo makin mantap memuncaki daftar top skor Liga Spanyol dengan koleksi 37 gol, terpaut empat gol dari seterunya, megabintang Barcelona Lionel Messi yang memiliki 33 gol.

Lima menit berselang, Ronaldo kembali terlibat dalam proses gol Rodriguez yang menggandakan keunggulan Madrid.

Ronaldo menggiring bola hingga tepian kotak penalti kemudian mengirimkan bola kepada Rodriguez, yang baru kembali merumput setelah absen selama dua bulan akibat cedera, yang tak membuang waktu untuk melepaskan tembakan lengkung ke sudut kiri gawang.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Rayo Vallecano (4-2-3-1): David Cobeno (PG); Tito, Ze Castro, Antonio Amaya, Nacho; Mohammed Fatau (Jozabed), Roberto Trashorras; Gael Kakuta, Alberto Bueno (Miku), Adrian Embarba (Javier Aquino); Manucho
Pelatih: Paco Jemez

Real Madrid (4-3-3): Iker Casillas (PG); Daniel Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Marcelo; Luka Modric, Toni Kroos, James Rodriguez (Nacho); Gareth Bale (Javier Hernandez), Karim Benzema (Isco), Cristiano Ronaldo
Pelatih: Carlo Ancelotti

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015