Kejuaraan Piala Sudirman nanti akan menjadi pengalaman berharga bagi kami
Jakarta (ANTARA News) - Atlet tunggal putra pemusatan pelatihan nasional Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) meningkatkan porsi latihan menjelang turnamen Piala Sudirman 2015 yang akan berlangsung pada 10-17 Mei mendatang di Dongguan Tiongkok.

"Sejak sepekan lalu, porsi latihan kami meningkat 70 persen hingga 80 persen. Pekan ini porsi latihan kami juga bertambah 10 persen dibanding pekan lalu," kata atlet tunggal putra PBSI Jonatan Christie kepada Antara selepas latihan di Pelatnas PBSI Cipayung Jakarta, Kamis.

Atlet muda PBSI itu mengatakan penambahan porsi latihan yang dijalani bersama atlet-atlet tunggal putra lain mencakup latihan fisik, latihan teknik seperti pukulan stroke, hingga latihan mental.

"Kami tidak melihat kejuaraan Piala Sudirman sebagai beban. Bagi kami, kejuaraan itu akan menjadi pengalaman berharga karena kami yang masih muda dipercaya membawa nama Indonesia," kata atlet yang menempati peringkat 64 dunia itu.

Jo, sapaan atlet asal PB Tangkas Jakarta itu, optimistis bersama atlet-atlet muda PBSI lain mampu menghadapi para pemain tunggal putra dari negara-negara peserta Piala Sudirman.

Namun, atlet kelahiran 15 September 1997 itu mengaku kepergian sejumlah atlet tunggal putra seperti Tommy Sugiarto dan Simon Santoso dari pelatnas PBSI membawa sedikit pengaruh pada suasana latihan.

Sementara, atlet tunggal putra lain Firman Abdul Kholik berjanji akan menampilkan kemampuan terbaiknya dalam turnamen beregu baik Piala Sudirman 2015 maupun SEA Games 2015.

"Bagi saya, sekarang masih masa pemulihan setelah cedera saat mengikuti turnamen International Challenge di Jepang pada awal April lalu," kata Firman.

Atlet asal klub Mutiara Cardinal Bandung itu mengaku tidak terlalu mengistimewakan keunikannya sebagai pebulu tangkis kidal.

"Kejuaraan Piala Sudirman nanti akan menjadi pengalaman berharga bagi kami. Kami akan bermain tanpa beban sehingga bisa tampil maksimal," kata atlet yang menempati peringkat 79 dunia itu.

Pada nomor tunggal putra, tiga atlet muda pelatnas PBSI akan turun untuk memperkuat Tim Merah Putih dalam Piala Sudirman 2015 yaitu Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, dan Firman Abdul Kholik.

Sedangkan tunggal putrinya adalah Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty, dan Hanna Ramadini.

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan bertanding pada nomor ganda putra.

Kemudian Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari dan Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari akan menjadi andalan pada nomor ganda putri dalam turnamen internasional dua tahunan itu.

Terakhir, tim Indonesia juga diperkuat tiga ganda campuran utamanya yaitu Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, Praveen Jordan/Debby Susanto, dan Riky Widianto/Richi Puspita Dili.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015