Jakarta (ANTARA News) - Moda kereta api adalah salah satu transportasi andalan masyarakat untuk mudik lebaran dan membeli secara online melalui laman PT. Kereta Api atau agen resmi adalah salah satu cara praktis mendapat tiket mudik tanpa harus repot antre.

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak kehabisan tiket mudik lebaran.

Managing Director Tiket.com Gaery Undarsa berbagi beberapa kiat agar tidak kehabisan tiket mudik lebaran yang dibeli secara online.

1. Pastikan koneksi internet stabil. Di negara berkembang, termasuk Indonesia, ponsel pintar biasa dipakai untuk mencari informasi seputar tiket. Namun, untuk pemesanan akhir pengguna cenderung memakai komputer karena khawatir jaringan internet di ponsel pintar tidak stabil.

"Untuk traffic, pemesanan dari website memang lebih tinggi. Tapi pesanan dari mobile juga mulai mengejar, sekitar 40 persen," ujar Gaery.

2. Jangan menunda-nunda. Bersiaplah di depan komputer atau ponsel pintar jelang tengah malam hari pertama pembelian. Tiket dapat ludes terjual dalam hitungan jam, bahkan menit. Siapa cepat, dia dapat.

"Jangan menunggu sampai pagi, bersiap dari sebelum tengah malam," ujar dia.

3. Siapkan data yang diperlukan sebelum memesan. Saat memesan tiket, pembeli harus mengisi berbagai data seperti nama, nomor telepon, tanggal lahir, dan nomor identitas. Persiapkan semuanya terlebih dahulu demi mempercepat proses pembelian tiket.

4. Kehabisan? Tunggu dulu selama satu jam. Kemungkinan ada tiket yang hangus karena pemesannya tidak membayar pada waktu yang ditentukan.




                                                                                                                 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015