Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyatakan siap menggelar Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat pada 13-15 April 2015.

"Berbagai persiapan sudah dilakukan oleh seluruh sekolah di Jakarta sehingga seluruh siswa siap menghadapi UN tahun ini," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Arie Budhiman di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis.

Persiapan itu antara lain pendalaman materi usai waktu sekolah dan try out, sedangkan sekolah diminta mempersiapkan mental para siswa sebelum menghadapi UN.

Terkait distribusi soal, dia mengatakan pencetakan naskah soal UN menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Naskah soal UN dicetak di Surabaya, Jawa Timur.

Pada 10 April 2015, naskah soal akan dikirim ke Jakarta dan diperkirakan sampai Sabtu dini hari (11/4) pukul 03.00 WIB.

"Setelah naskah UN itu tiba di Jakarta, kita akan langsung distribusikan ke lima wilayah dan kabupaten. Pendistribusian soal akan dikawal oleh pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya kebocoran," ujar Arie.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga telah membentuk panitia UN mulai dari tingkat subrayon hingga provinsi.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan DKI, 121.457 siswa dari 1.159 sekolah di ibukota akan menggelar UN SMA dan sederajat tahun ini.



Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015