kalau relnya sudah ada tahun depan, nanti diadakan kereta apinya"
Makassar (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyatakan akan terus mendorong percepatan pembangunan kereta api Trans Sulawesi.

"Untuk kereta api ini, kita coba kerja pondasinya dulu dari Makassar ke Parepare, kalau relnya sudah ada tahun depan, nanti diadakan kereta apinya," kata Ignasius selagi bertemu dengan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, pembangunan sarana kereta api untuk menghubungkan seluruh wilayah Sulawesi itu bisa terus berlanjut hingga Manado di Sulawesi Utara.

Sementara untuk pembangunan sarana transportasi darat, laut dan udara di Kawasan Timur Indonesia (KTI), semua daerah di KTI memiliki porsi sama karena semua daerah membutuhkan tiga jenis transportasi itu untuk membuka akses antar wilayah.

"Semuanya urgent, semua KTI penting. Sulsel saja itu banyak sekali," kata dia.

Gubernur Sulawesi Selatan mengatakan sejauh ini upaya pembebasan lahan untuk pembangunan sarana perkeretaapian belum menemui kendala yang berarti.

"Untuk tiga kilometer pertama, tidak ada masalah. Masyarakat begitu respon, bahkan dukungannya sangat baik. Jadi secara umum, tidak ada kendala," ujar dia.



Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015