Jakarta (ANTARA News) - Keberadaan tol Cikampek-Palimanan (Tol Cikapali), Jawa Barat, yang saat ini dalam taraf pembangunan diharapkan mengembangkan Kota Cirebon dari sebelumnya hanya menjadi kota transit menjadi kota tujuan wisata maupun bisnis.

"Cirebon agar tidak hanya kota transit namun akan menjadi kota yang dituju, sehingga pengusaha daerah harus mampu mengambil kesempatan itu untuk memajukan Cirebon," kata Direktur Pemasaran Grace Group Radite AH Soewondopranoto, di Jakarta, Jumat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono awal minggu ini mengatakan pembangunan jalan tol Cikapali sudah 93 persen atau sudah masuk dalam penyelesaian pembangunan. Tol dengan panjang 116,5 kilometer tersebut diharapkan sebelum lebaran 2015 sudah dapat beroperasi.

Radite yang didampingi Rininta Justianto, humas perusahaan yang antara lain bergerak di bidang properti, pusat perbelanjaan dan "water boom" itu, mengatakan, jika jalan tol tersebut sudah beroperasi maka waktu tempuh perjalan darat Jakarta-Cirebon bisa dipercepat dari sebelumnya 3,5 jam menjadi 2,5 jam saja.

Apalagi, katanya, kereta api rute Bandung-Cirebon juga beroperasi kembali sehingga potensi daerah bisa makin terangkat karena akan semakin mudah masyarakat atau pengusaha menuju Cirebon.

Ia mengatakan, potensi yang bisa digarap antara lain adalah pariwisata dan kuliner, serta produk-produk daerah seperti batik Trusmi.

Dia mengharapkan pengusaha lokal bisa memanfaatkan peluang tersebut, karena ke depan Cirebon dan sekitarnya akan semakin maju. "Jangan sampai peluang tersebut justru diambil oleh investor asing," katanya.

Untuk itu, kata Radite, perusahaannya tidak ragu untuk terus berinvestasi di Cirebon karena potensinya yang besar. Saat ini, proyek besar yang sedang digarap adalah "Grage City Cirebon" yang memadukan kawasan perumahan dan komersial (mall, waterboom, rumah sakit dan perkantoran) seluas 55 hektare di kota Cirebon.

Sebelumnya, perusahaan telah memiliki" Grage Mall Cirebon" yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Cirebon dan sekitarnya, serta proyek perumahan dan perhotelan.

Pada 16 April perusahaan juga akan meresmikan "Grage Majalengka Waterboom" di Majalengka, yang lokasinya tidak jauh dari ruas jalan Tol Cikapli.

Rininta Justianto mengatakan, Waterboom dengan luas 2,7 hektare itu, selain untuk hiburan juga terdapat kolam renang semi olimpik untuk olaharga prestasi.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015