Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News) - Kebun Raya Cibodas di Cianjur, Jawa Barat, genap berusia 163 tahun pada Jumat, dan sebagai rangkaian perayaan ulang tahunnya, pengelola mengratiskan tiket masuk khusus pada Sabtu, 11 April 2015.

"Hari ini usia Kebun Raya Cibodas 163 tahun. Besok (Sabtu, 11/4), pengunjung boleh masuk tanpa harus membayar," kata Kepala UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas Agus Suhatman MP saat peluncuran Sistem Informasi Registrasi Tumbuhan Koleksi Kebun Raya Cibodas, Jumat.

Kebun Raya Cibodas dikelola UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas yang berada di bawah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Menurut Agus, Kebun Raya Cibodas memiliki fungsi pelayanan publik selain mendukung lima aspek pembangunan nasional.

Karena itu, pada perayaan ulang tahun ke-163, Kebun Raya Cibodas sengaja tidak memungut biaya bagi setiap pengunjung.

UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, lanjutnya, juga meningkatkan fungsi pendidikan lingkungan hidup masyarakat dengan menambahkan fasilitas Sistem Informasi Registrasi Tumbuhan Koleksi Kebun Raya Cibodas (SIRegist Koleksi KRC) berbasis web yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

"Dari web SIRegist ini masyarakat umum dan pengunjung bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai koleksi seperti taksonomi, asal maupun penyebaran tumbuhan, serta iklim mikro di kebun raya," ujar dia.

Selain itu, menurut dia, layanan kepada publik juga dilengkapi dengan menyiapkan Ruang Display miniatur Kebun Raya Cibodas.

Pada usianya yang ke-163, ia mengatakan Kebun Raya Cibodas telah memiliki koleksi 1.200 jenis tumbuhan dan 10.000 lebih specimen.

Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Enny Sudarmonowati menginginkan agar UPT Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas berinovasi untuk memperkuat pelayanan publik.

Selain itu, ia mengatakan, para Kepala Kebun Raya di bawah LIPI telah diminta dalam melakukan konservasi tumbuhan dalam kebun raya tetap berhati-hati, dengan membuat rambu seragam tentang dahan atau pohon yang rawan patah.

"Kita lakukan yang terbaik untuk pelayanan publik. Terus dicek secara rutin, tetap semangat untuk menjadi pengawas pohon," demikian pesannya.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015