Saat ini paket soal baru saja tiba di titik bongkar karena adanya permasalahan teknis armada distribusi soal dari Bandung, Jawa Barat,"
Bekasi (ANTARA News) - Paket lembar soal Ujian Nasional tingkat SMA/SMK 2015 tiba titik bongkar SMKN 1 Kota Bekasi, Jawa Barat, setelah mengalami keterlambatan sembilan jam dari waktu yang dijadwalkan, Jumat.

"Saat ini paket soal baru saja tiba di titik bongkar karena adanya permasalahan teknis armada distribusi soal dari Bandung, Jawa Barat," Kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Rudi Sabarudin di Bekasi.

Sesuai jadwal, paket lembar soal UN tersebut tiba di titik bongkar di SMKN 1 Kota Bekasi, Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, pada Jumat (10/4) pukul 09.00 WIB.

Namun karena adanya persoalan teknis armada distribusi, soal tersebut baru tiba di titik bongkar sekira pukul 18.30 WIB.

"Setelah proses pemilahan, soal-soal tersebut baru bisa didistribusikan sesuai dengan rayon dan sekolah masing-masing," katanya.

Menurut dia, keterlambatan itu tidak memiliki dampak apapun terhadap penyelenggaraan UN mulai Senin (13/4).

Sementara itu, juru bicara pendistribusian soal UN 2015 dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Mimin Maryati, beralasan keterlambatan itu akibat adanya pengecekan KIR kendaraan distribusi soal oleh Dinas Perhubungan.

"Memang ada persoalan teknis saja, jadi mobil yang bawa soal UN belum siap, sedang di cek KIR-nya oleh Dishub," ujarnya.

Proses pemeriksaan KIR tersebut merupakan bagian dari proses antisipasi agar tidak ada kendala dalam pendistribusian soal.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015