Moenchengladbach, Jerman (ANTARA News) - Tuan rumah Borussia Moenchengladbach sukses menghantam Borussia Dortmund dengan skor akhir 3-1 saat keduanya melakoni laga lanjutan pekan ke-28 Bundesliga Jerman di Borussia-Park, Sabtu.

Berkat kemenangan itu, Gladbach kini mengimbangi Dortmund dalam rekor pertemuan kedua tim di Bundesliga yang masing-masing sudah memperoleh 29 kemenangan dari 85 kali perjumpaan.

Kemenangan Gladbach diperoleh, setelah Oscar Wendt, Raffael dan Havard Nordtveit mencetak gol masing-masing pada menit 1, 32 dan 67, sementara Ilkay Gundogan memperkecil ketertinggalan Dortmund pada menit 77.

Efisiensi serangan menjadi titik berat kemenangan Gladbach, yang meski hanya memiliki 48 persen penguasaan bola, namun dari 11 kali percobaan tembakan mereka menemui sasaran sebanyak enam kali dan berbuah menjadi tiga gol.

Berbanding terbalik, Dortmund membuang 52 persen pengendalian bola dengan melakukan 13 kali percobaan tembakan yang hanya dua di antaranya tepat sasaran.

Tim asuhan Lucien Favre bahkan tak membutuhkan waktu lama untuk membuka keunggulan, hanya 30 detik saja setelah laga dimulai, melalui Wendt.

Gol tersebut berawal dari umpan Patrick Herrmann yang berusaha diselesaikan Fabian Johnson, namun penjaga gawang Roman Weidenfeller tidak sempurna mengantisipasi bola yang justru mengarah ke Wendt yang sigap menyambar datangnya bola.

Mats Hummels sempat hampir menyamakan kedudukan, namun tandukannya pada menit 5 menyambut umpan Jakub Blaszczykowski masih bisa diselamatkan penjaga gawang Yann Sommer.

Raffael menggandakan keunggulan pada menit 32, mengakhiri aksi menawan menawan Herrmann yang merangsek dari paruh lapangan Gladbach menggiring bola hingga mengecoh Weidenfeller sebelum menyodorkan umpan matang kepada pemain Brazil itu.

Memasuki babak kedua, tim asuhan Juergen Klopp belum menyerah untuk berusaha mengambil alih kedudukan, namun yang terjadi justru makin menjauh dengan gol Nordtveit.

Pemain Norwegia itu dengan mudah menyelesaikan bola sundulan Sebastian Kehl yang mengenai bagian belakang tubuh pemain pengganti Adrian Ramos dan jatuh di hadapannya.

Setelah berulang kali berupaya, sebuah gol akhirnya tercipta untuk Dortmund melalui sontekan Gundogan menerima umpan tarik Pierre-Emerick Aubameyang pad amenit 77.

Sayang selepas gol itu tak banyak peluang bisa mereka ciptakan lagi, dan Dortmund harus pulang dengan tangan kosong.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

Borussia Moenchengladbach (4-4-1-1): Yann Sommer (PG); Tony Jantschke, Roel Brouwers, Alvaro Dominguez, Oscar Wendt; Patrick Herrmann (Mahmoud Dahoud), Granit Xhaka, Havard Nordtveit, Fabian Johnson (Thorgan Hazard); Raffael (Andre Hahn); Max Kruse
Pelatih: Lucien Favre

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Weidenfeller (PG); Sokratis Papasthathopoulos, Neven Subotic, Mats Hummels, Marcel Schmelzer (Jeremy Dudziak); Ilkay Gundogan, Sebastian Kehl; Jakub Blaszczykowski, Shinji Kagawa (Adrian Ramos), Henrikh Mkhitaryan; Pierre-Emerick Aubameyang (Ciro Immobile)
Pelatih: Juergen Klopp

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015