Shanghai (ANTARA News) - Juara dunia Lewis Hamilton merebut posisi start terdepan setelah kualifikasi pada Sabtu dalam kejuaraan Formula Satu Grand Prix Tiongkok, mengungguli rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel, yang menundukkan tim Mercedes untuk menjuarai balapan di Malaysia dua pekan lalu, akan memulai di posisi ketiga dalam balapan hari Minggu, di samping pebalap Williams, Felipe Massa.

Hamilton, yang juara di Shanghai untuk ketiga kalinya pada tahun lalu, mencatat waktu tercepat satu menit, 35,782 detik, untuk mempertahankan rekor sempurnanya dalam kualifikasi dalam tiga balapan pertama musim ini.

Rosberg hanya terpaut seperseratus detik lebih lambat dari pebalap Inggris Raya itu.

Vettel mencatat waktu 1:36.687, mengungguli Massa dan pebalap kedua Williams, Valtteri Bottas, saat Ferrari gagal untuk menempatkan kedua mobilnya di barisan kedua, Kimi Raikkonen hanya mencatat tercepat keenam.

Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo dan pebalap Lotus, Romain Grosjean, di posisi berikutya dan pebalap Saubers, Felipe Nasr dan Marcus Ericsson melengkapi posisi 10 teratas.

Tapi ada lebih banyak kekecewaan lagi bagi McLaren saat Jenson Button dan Fernando Alonso harus berada di belakang, di barisan kesembilan.

Button dan Alonso gagal finis di Sepang yang membuat mereka tanpa satu nilai pun dalam dua seri balapan.

Mercedes meraih 16 kemenangan dalam 19 balapan tahun lalu dan kembali melumat para pesaingnya pada balapan pembuka di Australia, sebelum Vettel menghentikan mereka di Sepang untuk mengakhiri masa paceklik 34 balapan Ferrari. Demikian lapora AFP.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015