Bandarlampung (ANTARA News) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung memastikan soal Ujian Nasional untuk siswa SMA telah rampung didistribusikan ke 15 kabupaten dan kota pada Minggu, sehari sebelum pelaksanaan ujian yang dijadwalkan dimulai Senin, 13 April 2015.

"Hari ini, distribusi seluruh soal UN SMA sederajat sudah selesai," ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Teguh Irianto, mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Hery Suliyanto, saat dikonfirmasi di Bandarlampung, Minggu malam.

Distribusi soal UN untuk pelajar SMA sederajat itu lebih dahulu dilakukan untuk wilayah pelosok dan daerah yang paling jauh secara geografis dan wilayahnya relatif sulit terjangkau.

Pengiriman soal UN dikawal oleh petugas kepolisian bersama unsur instansi berwenang.

Soal UN SMA sederajat yang sudah sampai di kabupaten/kota di seluruh Lampung itu, disimpan di tempat yang aman oleh Dinas Pendidikan setempat atau rayon/subrayon sekolah penyelenggara UN.

Bagi sekolah di wilayah perkotaan seperti Kota Bandarlampung, panitia UN diharuskan mengambil soal UN tersebut pada hari pelaksanaan UN pada rayon/subrayon masing-masing, sebelum pelaksanaan ujian berlangsung.

Teguh Irianto juga menegaskan, untuk pelaksanaan UN Berbasis Komputer (Computer Based Test/CBT) tetap akan dijalankan oleh 14 sekolah pada jenjang SMA sederajat, SMK maupun SMP negeri dan swasta di Lampung.

"Sampai saat ini, tetap 14 sekolah yang siap melaksanakan UN Berbasis Komputer itu di Lampung," ujar Teguh pula.

Menurut dia, pada hari pertama pelaksanaan UN bagi pelajar SMA sederajat pada Senin (13/4), Gubernur Lampung M Ridho Ficardo bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Hery Suliyanto dijadwalkan meninjau ke sekolah-sekolah yang melaksanakan UN tersebut.

"Pak Kadis akan mendampingi Pak Gubernur melakukan peninjauan dan sidak pelaksanaan UN SMA sederajat hari pertama Senin besok," ujarnya lagi.

Namun dia mengaku belum mengetahui ke sekolah mana saja, Gubernur Lampung dan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung akan melakukan peninjauan pelaksanaan UN itu.

Distribusi soal UN SMA sederajat di Lampung dilaksanakan pada Jumat (10/4), dan pada Minggu ini dipastikan semua soal itu sudah sampai ke kabupaten/kota di Lampung seperti direncanakan.

"Soal UN itu siap digunakan oleh siswa, disimpan oleh Dinas Pendidikan di daerah masing-masing," katanya pula.

Prinsipnya, semua sekolah di seluruh Lampung siap melaksanakan UN SMA sederajat, termasuk UN Berbasis Komputer.

Sebanyak 14 sekolah di Lampung yang telah diverifikasi Kemendibud untuk melaksanakan UN CBT adalah SMPN 1 Bandarlampung, SMPN 2 Bandarlampung, SMPN 1 Purbolinggo Lampung Timur, kemudian SMAN 2 Bandarlampung, SMAN 9 Bandarlampung, SMAN 1 Kotagajah Lampung Tengah, SMAN 1 Wayjepara Lampung Timur, dan SMAN 1 Gadingrejo Pringsewu.

SMK Gajahmada Bandarlampung, SMTI Bandarlampung, SMKN 1 Bandarlampung, SMKN 5 Bandarlampung, SMKN 2 Terbanggibesar Lampung Tengah, dan SMKN 1 Gadingrejo Pringsewu.

"Selaku penanggung jawab UN di Lampung, kami siap melaksanakan UN tahun 2015 ini bersama seluruh Dinas Pendidikan di kabupaten dan kota se-Lampung serta pihak sekolah penyelenggaranya," ujar Teguh lagi.

Kendati UN tahun ini tidak lagi menjadi penentu satu-satunya kelulusan siswa, pihaknya tetap melibatkan pengawas independen dan aparat keamanan dalam mengawal soal dan pelaksanaan UN hingga selesai.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015