Pembangunan jalan usaha tani (JUT) itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dengan nilai sebesar Rp184 juta per satu kilometer."
Mukomuko (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun ini akan membangun jalan usaha tani sepanjang 13 kilometer menuju sentra pertanian pangan di daerah itu

"Pembangunan jalan usaha tani (JUT) itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dengan nilai sebesar Rp184 juta per satu kilometer," kata Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Elxandi, di Mukomuko, Minggu.

Pembangunan JUT tersebut termasuk dalam program pemerintah pusat yang mengalokasikan DAK tambahan ke daerah itu untuk pembangunan jaringan irigasi itu untuk peningkatan produksi pertanian di daerah itu.

Ia menjelaskan, jenis JUT yang akan dibangun di daerah itu, mulai dari yang sudah terbuka jalan tetapi masih tanah sampai yang belum ada jalan sama sekali.

Kalau di sentra pangan itu sudah ada jalan tetapi masih tanah, katanya, jenis kegiatannya pengoralan. Untuk jalan yang sudah pernah dikoral dibangun rabat beton.

"Kalau di sentra pertanian pangan itu belum ada jalan, kegiatannya pembukaan jalan baru," ujarnya.

Ia menerangkan, pembangunan JUT itu bertujuan untuk mempermudah petani menjangkau lahan persawahannya. Termasuk membawa dan menjualnya keluar daerah itu.

"Kalau dihitung panjang jalan yang dibutuhkan oleh petani menjangkau lahan persawahannya masih banyak tetapi tetap kita bangun secara bertahap," ujarnya.

Ia menerangkan, pembangunan JUT itu tersebut diprioritaskan  bagi petani yang kesulitan menjangkau lahan persawahannya.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015