Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri (PM) Norwegia, Erna Solberg, akan mengujungi Indonesia pada 14-16 April mendatang. Kunjungan ini merupakan yang pertama kalinya ia lakukan sepanjang pemerintahan Joko Widodo. 

Selama tiga hari masa kunjungannya itu, Solberg diagendakan akan melakukan sejumlah hal yakni, bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka dan berbincang bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, membahas peluang Norwegia di Indonesia dari sisi maritim dan energi. 

Selain itu, Solberg pun dijadwalkan akan bertemu para pemimpin agama di Mesjid Istiqlal, Jakarta dan mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, sebelum bertolak menuju Desa Senamat Ulu, Jambi. 

Di Jambi, nantinya ia akan mengunjungi Desa Senamat Ulu untuk meninjau agroforestri, pembibitan benih dan pembangkit listrik berbasis microhyrdro di sana. Ia pun akan melakukan dialog dengan komunitas lokal di sana tentang Hutan Desa dan Hutan Adat. 

Di hari terakhir masa kunjungannya, Solberg akan bertemu  perwakilan industri kelapa sawit, pulp dan kertas di Jambi untuk membahas sejumlah hal seperti komitmen pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan, resolusi konflik dan hak kepemilikan tanah masyarakat lokal. 


Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015