Pagi ini kita turun langsung ke lokasi untuk memastikan penyebab kematian gajah yang diperkirakan berumur 20 tahun ini, informasi sementara memang betul ada dengan kondisi gadingnya sudah tidak ada lagi
Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Seekor gajah sumatera (Elephas maximum Sumatranus) ditemukan mati membusuk dengan kondisi tidak berkepala di Kawasan Desa Karang Hampa, Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat.

Kasat Reskrim Polres Aceh Barat AKP Haris Kurniawan di Meulaboh, Selasa mengatakan, masih belum dapat memastikan hewan dilindungi tersebut dibunuh ataukah ada penyebab lain karena ditemukan sudah membusuk pada Senin (13/4) petang.

"Pagi ini kita turun langsung ke lokasi untuk memastikan penyebab kematian gajah yang diperkirakan berumur 20 tahun ini, informasi sementara memang betul ada dengan kondisi gadingnya sudah tidak ada lagi," katanya.

Pihak kepolisian turun ke lokasi bersama tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk melakukan olah Tempat kejadian Perkara (TKP), melakukan identifikasi bersama dengan sejumlah ahli forestik.

Salah seorang warga setempat yang mengetahui adanya gajah mati ini, meski tidak berani menyampaikan secara detail, namun warga menduga masih ada sindikat perburuan gading gajah di kawasan setempat.

"Keterangan Keuchik (kepala desa) Karang Hampa memang betul ada kematian gajah sudah membusuk, bukan hanya gading tapi kepalanya juga sudah dipenggal, belum tahu bagaimana kejadianya sampai begini," tambah Camat Arongan lambalek Mawardi.

Aparat juga akan terus mencari tahu apakah kejadian ini akibat adanya konflik satwa dengan warga ataukah ada indikasi sindikat perburuan gading gajah, karena kondisi bangkai hewan ini tidak berkepala dan gadingnya sudah tidak ada dilokasi.

Pewarta: Anwar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015