Porto, Portugal (ANTARA News) - FC Porto vs Bayern Munchen akan saling berhadapan pada leg pertama perempatfinal Liga Champions mereka Kamis dini hari lusa

Dan berikut adalah fakta-fakta menyangkut FC Porto vs Bayern Munchen menjelang pertemuan pertama mereka itu dalam perempatfinal Liga Champions musim ini seperti dikutip AFP:

Penampilan terakhir:
Porto: Porto menang 3-1 dari Rio Ave Sabtu pekan lalu sehingga berada pada peringkat dua di bawah Benfica dalam klasemen Liga Utama Portugal. Ricardo Quaresma mencetak gol dari titik penalti, lalu digandakan Danilo yang akan bergabung dengan Real Madrid musim depan, masing-masing pada babak pertama, sebelum dituntaskan oleh Hernani pada babak kedua.
Porto kalah 1-2 dari CS Maritimo pada semifinal Piala Liga Portugal pada 2 April dan dua dari empat kekalahannya ditelan dari tim kota Madeira itu.
Bayern: Bayern mendominasi Liga Jerman musim ini dan sepuluh poin di bawah penguntit terdekatnya Wolfsburg.  Raksasa Bavaria asuhan Pep Guardiola ini menelan dua kekalahan pada liga domestik, termasuk kalah 0-2 dari tim tamu Borussia Moenchengladbach pada 22 Maret.  Kendati dibelit cedera, Bayern menang 3-0 dari Eintracht Frankfurt Sabtu pekan lalu yang dua gol di antaranya diciptakan striker timnas Polandia Robert Lewandowski. Dia sudah menciptakan sembilan gol dari delapan pertandingan terakhir yang diikutinya.

Pelatih:
  Porto - Julen Lopetegui (Spanyol) -- 48 tahun
  Bayern Munich - Pep Guardiola (Spanyol) - 44 tahun
 
Pencipta gol terbanyak dari segala kompetisi:
  Porto - Jackson Martinez (26 gol)
  Bayern Munich - Robert Lewandowski (20 gol)

Kinerja liga domestik:
  Porto - Peringkat dua klasemen liga, tiga poin di bawah Benfica.
  Bayern Munchen - Sepuluh poin di puncak klasemen Bundesliga dan tengah berada di jalur merebut gelar juara liga untuk ketiga kali berturut-turut.

Perjalanan ke perempatfinal:

  Porto - Juara Grup H di atas Shakhtar Donetsk yang mengalahkan Bayern pada 16 Besar. Mereka menggebuk Basel 4-0 di Portugal untuk mencapai perempat final setelah seri 1-1 pada leg pertama 16 Besar di Swiss.
  Bayern Munchen - Juara Grup E di depan Manchester City yang adalah satu dari tim yang mengalahkan raksasa dari Bavaria itu musim ini. Mengalahkan Shakhtar Donetsk 7-1 di Munchen pada leg kedua 16 Besar setelah seri 0-0 di Ukraina.

Penampilan terbaik di Piala Eropa/Liga Champions:
  Porto - juara 1987, 2004
  Bayern Munchen - juara 1974, 1975, 1976, 2001, 2013
 
Penghargaan lain:
  Porto - 27 kali juara Portugal, 16 kali juara Piala Portugal, 2 kali juara Piala UEFA/Liga Europa, 1 kali juara Piala Super Eropa, 2 kali Piala Intercontinental
  Bayern Munchen - 24 kali juara Jerman, 17 kali juara Piala Jerman, 1 kali juara Piala UEFA, 1 kali juara Piala Super Eropa, 1 kali Piala Dunia Antar Klub

Pertemuan sebelumnya pada Piala Eropa/Liga Champions:
  FC Porto 1 Bayern Munchen 1 - leg pertama perempat final Liga  Champions 2000
  Bayern Munchen 2 FC Porto 1 - leg kedua perempat final Liga  Champions 2000
  Bayern Munchen 1 FC Porto 1 - leg pertama perempatfinal Piala Champions Eropa 1991
  FC Porto 0 Bayern Munchen 2 - leg kedua perempatfinal Piala Champions Eropa 1991
  Bayern Munchen 1 FC Porto 2 - final Piala Champions Eropa 1987 (di Wina)


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015