Jakarta (ANTARA News) - BUMN PT Bhanda Ghara Reksa (BGR) yang bergerak di bidang pergudangan dan penyedia jasa logistik meluncurkan BGR Ekspress, jasa layanan pengiriman cepat atau kurir guna bersaing dalam bisnis distribusi nasional.

"BGR Ekspress adalah pengembangan usaha logistik dengan layanan terintegrasi yang akan kami dedikasikan kepada perusahaan yang mempercayai kami serta konsumen dari lapisan masyarakat dengan cepat dan efisien," kata Agus Andiyani, Presiden Direktur BGR, pada perayaan hari jadi ke-38 perusahaan itu, di Kantor Bhanda Ghara Reksa Cabang Jakarta, Selasa.

Keputusan BGR untuk terjun ke bisnis kurir dilandasi semangat mengoptimalisasikan infrastruktur perusahaan yang memiliki 24 cabang dan 500 jaringan di Indonesia.

"Pada dasarnya kami punya infrastruktur di Indonesia yang selalu ingin dioptimalkan. Kami punya teknologi, sumber daya manusia, jaringan, 24 kantor cabang, dan ratusan armada yang siap melayani," kata Nofrisel selaku Direktur Teknik dan Pengembangan PT Bhanda Ghara Reksa.

Nofrisel mengatakan perusahaannya tidak akan gentar untuk bersaing dengan ketatnya industri kurir di Indonesia.

"Dalam bisnis ini (kurir atau pengiriman cepat) tidak ada yang mendominasi, tidak ada market leader. Perusahaan dengan nama besar, saya kira hanya menguasai 15-17 persen pasar," jelas Nofrisel.

Untuk masuk sebagai pemula di bisnis kurir, kata Nofrisel, PT Bhanda Ghara Reksa melakukan investasi sebesar Rp75 milyar dengan harapan mendapatkan keuntungan Rp100 milyar pada akhir 2015 yang dihasilkan dari tiga layanan utama yaitu BGR Best (besok sampai tujuan), BGR Regular (kiriman reguler), BGR Eco (kiriman biaya ekonomis).

Selain itu, Nofrisel menargetkan BGR Ekspress akan menjadi lima besar perusahaan jasa kurir terbesar di Indonesia dengan cara terus melakukan investasi dan memperluas jaringan di wilayah Indonesia timur.

"(Target) Tahun kelima sudah mencapai lima besar dan kami masih terus investasi karena tidak ada kata terlambat untuk masuk ke bisnis ini," kata Nofrisel.

Peluncuran BGR Ekspress tidak hanya dilakukan di Jakarta melainkan dilakukan serentak di Palembang dan Makassar dengan harapan dikenal masyarakat luas sebagai perusahaan BUMN penyedia jasa logistik dan pengiriman nasional.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015