... dan yang perlu mendapat apresiasi distribusi soal dilakukan lebih awal dan merata."
Padang (ANTARA News) - Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan, pemuda, olahraga da pariwisata meninjau pelaksanaan ujian nasional di SMA Negeri 2 dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa.

"Kami sengaja melihat langsung pelaksanaan UN. Menurut Menteri Pendidikan semua persiapan sudah oke, tapi perlu dilakukan pemantauan ke lapangan, apakah benar semua berjalan dengan baik?, "kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI M. Sohibul Iman di Padang.

Menurut dia, peninjauan dilakukan bukan untuk mencari-cari kesalahan, tapi melihat langsung apa yang terjadi dan meminta masukan jika ada yang perlu diperbaiki ke masa depan.

"Dari laporan yang diterima pelaksanaan UN di Padang berjalan dengan lancar, dan yang perlu mendapat apresiasi distribusi soal dilakukan lebih awal dan merata," ucapnya.

Saat berkunjung ke MAN 2 Padang, rombongan Komisi X yang berjumlah sembilan orang melihat langsung pelaksanaan UN didampingi Wali Kota Padang Mahyeldi, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Syamsulrizal, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi.

Selain melihat langsung pelaksanaan UN, anggota Komisi X DPR RI juga berdialog dengan sejumlah siswa MAN 2 yang telah selesai ujian menanyakan seputar ujian yang diikuti.

Para anggota Komisi X tersebut juga bertatap muka dengan seluruh pengawas UN dan meminta masukan terkait pelaksanaan UN.

Anggota Komisi X yang melakukan peninjauan, antara lain dari Fraksi PKS Sohibul Iman, Fraksi Gerindra Nuraji dan Sutan Adil Hendra, Fraksi Golkar Popong Otje Djundjunan, Fraksi Partai Demokrat Venna Melinda, Fraksi PAN Laila Istiana dan Yayuk Basuki serta Fraksi PPP Anwar Idris.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Syamsulrizal mengatakan berdasarkan evaluasi, pelaksanaan UN tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, apalagi UN bukan lagi menjadi syarat kelulusan.

Ia menambahkan sebanyak 75.704 pelajar SMA dan sederajat di Sumbar mengikuti UN yang terdiri dari SMA/MA, SMK, SMALB serta Paket C pada 13 hingga 15 April 2015.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015