Purwokerto (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan 72 persen tiket kereta api untuk masa mudik Lebaran 2015 dari Jakarta tujuan Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Malang, dan Surabaya sudah terjual.

"Selama tujuh hari sejak tanggal 8 April, telah terjual 67.680 lembar tiket mudik dari Jakarta lewat lintas selatan, total tiket yang disediakan 94.200 lembar. Dengan demikian, masih tersedia sekitar 26.500 lembar tiket untuk keberangkatan H-10 hingga H-4," kata Manajer Komunikasi Perusahaan PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono di Purwokerto, Jawa Tengah, Selasa.

Menurut dia, tiket mudik kereta api yang banyak diburu masyarakat adalah untuk KA kelas bisnis dan ekonomi.

Lebih lanjut, Surono mengatakan bahwa tiket KA kelas bisnis dan ekonomi dari Jakarta yang telah habis terjual, yakni untuk keberangkatan H-6 Lebaran (11 Juli), H-5 Lebaran (12 Juli), dan H-4 Lebaran (13 Juli).

"Bahkan, untuk KA ekonomi subsidi (public service obligation-PSO) tiketnya sudah terjual habis dari H-7 Lebaran hingga H-4 Lebaran. Sementara untuk tiket mudik dari Bandung ke tujuan Kroya, Kutoarjo, Yogya, Solo dan Surabaya masih tersedia sekitar 19.000 lembar atau sekitar 69 persen dari total tiket yang disediakan sebanyak 27.600 lembar," katanya.

Ia mengatakan bahwa tiket mudik KA ekonomi bersubsidi dari Bandung juga menjadi favorit masyarakat.

Menurut dia, hal itu diketahui dari penjualan tiket mudik KA ekonomi dari Bandung untuk keberangkatan H-6 Lebaran (11 Juli), H-5 Lebaran (12 Juli), dan H-4 Lebaran (13 Juli).

Sementara untuk tiket mudik KA kelas bisnis dan eksekutif dari Bandung, kata dia, masih tersedia untuk keberangkatan H-10 Lebaran hingga H-4 Lebaran.

"Data penjualan tiket mudik Lebaran 2015 tersebut berdasarkan pantauan online ticketing pada Rail Ticket System (RTS) PT KAI hari Selasa (14/7), pukul 10.00 WIB. PT KAI (Persero) telah membuka penjualan tiket mudik Lebaran 2015 sejak tanggal 8 April yang lalu dan setiap harinya disediakan sebanyak 17.400 lembar tiket mudik dari Jakarta dan Bandung," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, PT KAI setiap harinya menyediakan 13.450 lembar tiket mudik dari Jakarta dan 3.950 lembar tiket mudik dari Bandung ke arah timur (Kroya, Kutoarjo, Yogya, Solo, dan Surabaya).

Menurut dia, tiket mudik yang telah disediakan itu merupakan tiket untuk KA reguler sedangkan tiket KA Tambahan Lebaran belum dibuka penjualannya.

"Kami masih mempersiapkan sarananya untuk menjalankan KA Tambahan Lebaran tersebut," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015