Jakarta (ANTARA News) - Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia Dodi Budi Waluyo menyatakan siap menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang akan digelar oleh Komisi XI DPR RI pekan depan.

"Saya siap. Harus terus maju. Mohon doanya yang terbaik. Siapa pun yang terpilih pasti yang terbaik untuk BI. Saya siap nanti tanggal 20 (April 2015)," ujar Dodi saat ditemui di Kantor Pusat BI di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, Komisi XI DPR RI menyatakan telah menerima surat yang berisi nama calon pengganti Halim Alamsyah, deputi gubernur BI yang masa jabatannya akan berakhir pada Juni 2015 mendatang.

"Calonnya dari internal BI, Erwin, Hendy, Dodi," kata Ketua Komisi XI Fadel Muhammad saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Dalam Surat Presiden RI tertanggal 27 Februari 2015 dengan kode R-18/Pres/02/2015 tersebut, Presiden mengusulkan tiga nama calon Deputi Gubernur BI yakni Dodi Budi Waluyo, Erwin Riyanto dan Hendy Sulistiowati.

Dodi Budi Waluyo saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Manajemen Strategis dan Tata Kelola BI. Sedangkan Erwin Riyanto menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Makroprudensial BI. Sementara itu, Hendy Sulistiowati menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI.

Ketiga calon akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan yang dijadwalkan digelar pekan depan.

"Fit and proper test akan dilakukan pada bulan April ini, tanggal 20," kata Fadel.

Legislator sendiri menyatakan siap untuk menggodok ketiga calon yang memang merupakan pegawai karir di Bank Indonesia tersebut.

Adapun calon yang terpilih nantinya, otomatis akan menjabat juga sebagai anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015