Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal DPR RI Winantuningtyastiti mengungkapkan anggaran pengadaan pengharum ruangan Gedung DPR RI senilai Rp1,5 miliar setahun dari pagu anggarannya Rp2,3 miliar.

"Untuk nomenklatur pengharum ruangan pagunya Rp2,3 miliar dan realisasinya Rp1,5 miliar, hasil lelang terbuka setahun," kata di Gedung Kesekjenan DPR RI, Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan dari total anggaran itu digunakan untuk enam jenis yaitu pertama alat pengharum ruangan sebanyak 1.110 unit dikali 12 bulan, kedua alat pengharum urinoir sebanyak 385 unit dikali 12 bulan.

Ketiga menurut dia handuk tisu dan tempatnya sebanyak 242 unit dikali 12 bulan, keempat cairan pembersih dudukan kloset sebanyak 112 unit dikali 12 bulan.

"Kelima, pewangi acara pidato negara empat kali dalam setahun dan keenam tempat sampah pembalut wanita sebanyak 164 unit," ujarnya.

Win mengatakan pagu anggaran untuk pakan rusa senilai Rp650 juta namun hasil lelang Kesekjenan DPR RI hanya Rp500 juta setahun.

Dia menjelaskan anggaran itu digunakan untuk makan rusa sebanyak 58 ekor untuk dua kali sehari seperti wortel dan ubi.

"Ada 58 rusa dengan satu dokter yang datang dua kali seminggu dengan penjaga sebanyak lima orang," katanya.

Menurut Win penyusunan anggaran itu dilakukan bertahap dengan perhitungan yang matang. Dia menegaskan dalam pengelolaan anggaran, perencanaan itu tidak mungkin ngawur.

"Tidak mungkin ada perencanaaan yang asal-asalan. Ada kriteria untuk perencanaan, ada standar dan tahapan," katanya.

Dia menjelaskan seluruh rancangan anggaran itu dipublikasikan melalui website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) DPR untuk memenuhi kewajiban transparan dan terbuka pada publik.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015