"Saya selaku Ketua Kompolnas hadir memenuhi panggilan Komisi III DPR RI karena rencananya mereka pada Kamis (16/4) mengadakan uji kelayakan dan kepatutan Pak Badrodin Haiti,"
Jakarta (ANTARA News) - Komisi III DPR RI mengadakan Rapat Kerja dengan Komisi Kepolisian Nasional dalam rangka membahas calon Kepala Kepolisian RI pada Selasa (14/4) malam.

"Saya selaku Ketua Kompolnas hadir memenuhi panggilan Komisi III DPR RI karena rencananya mereka pada Kamis (16/4) mengadakan uji kelayakan dan kepatutan Pak Badrodin Haiti," kata Ketua Kompolnas Tedjo Edhie Purdjiatno di Gedung Nusantara II, Jakarta, Selasa.

Tedjo mengaku kehadiran hanya memenuhi undangan Komisi III DPR RI sehingga tidak tahu menahu mengenai kepastian rencana jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

Dia mengatakan jadwal uji kelayakan dan kepatutan itu merupakan domain Komisi III DPR RI sehingga Kompolnas tidak akan ikut campur.

"Ya itu urusan Komisi III DPR RI (jadwal uji kelayakan dan kepatutan) dan saya hanya datang memenuhi undangan," ujarnya.

Wakil Ketua Kompolnas Tjahjo Kumolo mengatakan kehadiran Kompolnas di Komisi III DPR RI merupakan rangkaian dari proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

Anggota Kompolnas Adrianus Meliala mengatakan rapat dengan Komisi III DPR RI membahas dua hal yaitu pencalonan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri dan pendapat Kompolnas mengenai Perppu nomor 1 tahun 2015 mengenai Plt Pimpinan KPK.

Dia mengatakan sudah menjadi tradisi sebelum dilakukan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, Komisi III mengadakan rapat dengan Kompolnas.

"Pertemuan ini hal biasa karena setahun lalu sebelum uji kelayakan dan kepatutan Pak Sutarman, Kompolnas diundang untuk dimintai pendapatnya," katanya.

Dia berjanji akan mengungkapkan segala hal dan informasi yang dimiliki lembaga tersebut apabila dibutuhkan Komisi III DPR RI.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015