Organisasi perempuan lintas agama dapat memperkuat Kowani sebagai organisasi federasi perempuan yang benar-benar multi agama, sebagai jawaban untuk bangsa ke depan,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan organisasi perempuan lintas agama memperkuat Kowani sebagai organisasi federasi.

"Organisasi perempuan lintas agama dapat memperkuat Kowani sebagai organisasi federasi perempuan yang benar-benar multi agama, sebagai jawaban untuk bangsa ke depan," ujar Giwo di Jakarta, Selasa.

Organisasi perempuan lintas agama ke depan, lanjut dia, juga penting untuk pemantapan.

"Apalagi kita masih membutuhkan kinerja yang mampu melakukan upaya sistemik agar masalah bangsa ini bisa dicarikan jalan keluarnya," jelas dia.

Giwo menjelaskan organisasi yang ada di Kowani perlu memikirkan cara kreatif untuk mendorong perubahan kebijakan strategis untuk perlindungan perempuan dan anak, seperti yang diamanatkan pendiri federasi tersebut.

"Dengan demikian organisasi anggota Kowani betul-betul mampu menjadi pelopor perubahan dan merangkul semua elemen bangsa."

Kowani merayakan sejumlah perayaan keagamaan. Giwo menerangkan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan penghormatan dan penghargaan terhadap semua umat.

"Di dalam Kowani berkumpul bermacam-macam kepribadian, karakter, asal usul dan latar belakang pribadi maupun organisasi."

Dalam kondisi tersebut, maka potensi konflik akan sangat mungkin terjadi.

"Namun Alhamdulilah, berkat kesadaran masing-masing individu pengurus dalam Kowani untuk senantiasa ,enyucikan pikiran dan hati, maka potensi konflik bisa diminimaliskan," ungkap dia.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015