Borobudur (ANTARA News) - Gabungan Seniman Borobudur menyiapkan peluncuran pergelaran selama sebulan, 18 April-18 Mei 2015, bertajuk Kampung Seni untuk mendukung pengembangan kepariwisataan kawasan candi di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, itu.

"Selain berupa pementasan kesenian, juga menggelar pameran-pameran produk kerajinan masyarakat kawasan Candi Borobudur," kata Ketua Panitia Peluncuran Kampung Seni, Gasebo Hatmojo di Borobudur, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan tersebut bekerja sama dengan pengelola Galeri Pondok Tingal Borobudur, sekitar 500 meter timur Candi Borobudur.

Kompleks Pondok Tingal yang dirintis oleh Menteri Penerangan (1968-1973) Boediardjo (almarhum) tersebut, selain sebagai penginapan wisatawan dan galeri, selama ini juga menjadi salah satu lokasi yang sering digunakan kalangan seniman kawasan Candi Borobudur untuk berbagai aktivitas seni dan budaya.

Hatmojo yang juga Koordinator Divisi Seni Rupa Gasebo itu, mengatakan berbagai kegiatan Kampung Seni, antara lain pameran lukisan, pameran patung, pameran produk kerajinan masyarakat kawasan candi yang juga salah satu warisan peradaban dunia tersebut, dan diskusi tentang seni budaya.

Panitia menyiapkan sekitar 10 stan kerajinan, antara lain gerabah, akik, batik, dan produk kerajinan bambu. Selain itu, perajin juga demo membatik dan membuat batu akik berbahan baku asal kawasan Candi Borobudur.

Ia mengatakan sekitar 21 pelukis di kawasan Candi Borobudur menggelar sekitar 30 karya mereka di ruang permanen untuk pameran di lantai II Pondok Tingal.

"Dalam rangkaian dengan kegiatan Kampung Seni, kami juga bekerja sama dengan para seniman kelompok ArtRisen yang sedang pameran bersama lukisan di Pawon Art Space di dekat Candi Pawon, menyelenggarakan kegiatan melukis bersama di halaman Candi Pawon (sekitar 700 meter timur Candi Borobudur, red.) dengan melibatkan masyarakat umum," katanya.

Rangkaian kegiatan seni budaya Kampung Seni yang diselenggarakan oleh Gasebo tersebut, juga berjejaring dengan agenda Magelang Art Event selama April hingga Juli 2015.

Ia menjelaskan rangkaian kegiatan itu juga memperkuat dan mengembangkan semangat kebersamaan, terutama di kalangan seniman kawasan Candi Borobudur.

"Selain untuk saling memotivasi dalam berkarya seni juga menguatkan semangat kebersamaan, untuk mendukung usaha-usaha menyemarakkan kegiatan kepariwisataan di Candi Borobudur. Kami berupaya menghidupkan pariwisata di tempat kami tinggal selama ini," katanya.

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015