AsiaNet 60141

MILAN, Italia dan HIROSHIMA, Jepang, 14 April 2015 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

-- Event "Mazda Design: Car as Art" yang digelar di Milan memperkenalkan sejumlah karya Mazda yang mengusung filosofi RIN dan EN

Mazda Motor Corporation memperkenalkan berbagai karya terbaru mereka, yaitu "Bike by KODO concept" dan "Sofa by KODO concept," pada event "Mazda Design: The Car as Art," di Milan, Italia, yang dimulai pada 14 April 2015.

(Gambar: http://www.image.net/mazda_milandesignweek2015)

(Video: https://youtu.be/KDmphEXQ5dM )

Melalui "Mazda Design: Car as Art", Mazda ingin menyampaikan pesan khusus kepada dunia, yaitu makna dari dua filosofi utama di dalam budaya estetika Jepang yang diintegrasikan ke dalam desain karya-karya Mazda; RIN - kehormatan pengendalian diri dan EN - filosofi keindahan yang dapat dirasakan seluruh panca indera.

"Bike by KODO concept" adalah sebuah sepeda balap (track racer) yang menyiratkan kecantikan dan eksotisme dari sebuah sepeda. Hanya dibalut dengan sedikit body parts, struktur minimalis sepeda ini mengekspresikan keanggunan yang tersembunyi di dalam simplisitas. Kecantikan sepda ini terlihat sangat eksplisit melalui rangka sepeda yang dibungkus oleh selembar baja yang ditempa dengan penuh presisi. Tepat di atas rangka sepeda, terlihat sadel berbalut kulit berwarna hitam yang dijahit dengan tangan, dan dipercantik dengan aksen benang merah, yang mengingatkan kita pada desain all-new Mazda MX-5. Maka tak berlebihan rasanya, jika sepeda ini adalah reinkarnasi sederhana dari Mazda MX-5.

"Sofa by KODO concept" menghadirkan perpaduan sangat elok antara desain Mazda yang dinamis dan cita rasa furniture khas Italia. Bentuk sofa ini mengacu pada desain all-new Mazda CX-3, dan tersemat ciri khas dari seluruh model mobil Mazda generasi terbaru.

Selain itu, turut dipamerkan juga berbagai kerajinan tradisional khas Jepang yang terinspirasi dari filosofi KODO Mazda - filosofi desain Soul of Motion - diantaranya; KODOKI, perangkat tembaga yang ditempa dari satu lembar tembaga yang dibuat di studio kerajinan logam terkenal di Jepang, Gyokusendo; SHIRAITO, karya seni tradisional berbentuk kotak yang dipernis karya Kinjo-Ikkokusai. Karya seni ini mengekspresikan kekayaan fenomena alam dengan menggunakan lapisan pernis dan pecahan cangkang telur.

"Selama beberapa tahun terakhir, desain telah memainkan peran yang sangat fundamental bagi Mazda, sehingga memberikan nilai artistik tersendiri bagi keunggulan produk Mazda secara keseluruhan," ujar Managing Executive Officer Mazda, Masahiro Moro, yang juga bertindak sebagai Global Marketing. "Mengapa kami pilih Milan sebagai kota dimana kami luncurkan pesan desain kami? tentunya karena kota ini adalah acuan dari industri fashion dan desain dunia sehingga Milan sangat ideal dan strategis bagi kami untuk meningkatkan citra merek kami."

SUMBER: Mazda Motor Corporation

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015