Jakarta (ANTARA News) - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti harapkan hasil kunjungan Komisi III ke rumahnya, Rabu (15/4), dapat memberikan kesan positif kepada jajaran DPR RI.

"Tanya jawab tadi mendapatkan respon yang positif. Mudah-mudahan bisa memperlancar fit and proper test yang akan dilakukan besok (16/4) pagi," kata Badrodin di kediamannya yang berlokasi di Jalan M Kahfi I Nomor 34, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu.

Kunjungan Komisi III DPR ini merupakan rangkaian dari tahapan uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri yang akan dihadapi jenderal bintang tiga tersebut.

Komisi III menyambangi kediaman Badrodin untuk mengetahui keseharian calon kapolri itu di lingkungan keluarga.

Tanya jawab pun dilakukan antara para anggota legislatif dengan Badrodin, istri serta kedua putranya.

Istri Badrodin bernama Tejaningsih. Sementara putra sulungnya bernama Farouk Ashadi Haiti dan putra bungsunya Fakhri Subhana Haiti.

Mengikuti jejak sang ayah, Farouk menjadi polisi. Saat ini ia berpangkat Ipda dan menjabat sebagai Kepala Subnit II Tidak Pidana Tertentu (Tipiter) di Polrestabes Surabaya, Jatim. Sementara Fakhri lebih memilih untuk kuliah di bidang farmasi. Fakhri tengah merampungkan pendidikan S2-nya untuk menjadi apoteker.

Badrodin menjelaskan bahwa ia mendidik anak-anaknya untuk mandiri.

Demi memberikan waktu yang berkualitas kepada keluarganya, ia menyatakan dirinya tidak pernah membawa tugas kantor ke rumah."Pangkat tinggi kalau keluarga tidak bahagia, maka kita juga tidak akan bahagia," kata Badrodin.

Sementara terkait persiapan uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri di DPR pada 16 - 17 April 2014, Badrodin menyatakan kesiapannya.

"Bahan sudah saya siapkan. Saya siapkan mengenai visi, misi, program utama Polri, juga hal-hal terkait pembinaan dan operasional," katanya.

Rombongan Komisi III yang dipimpin Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin tiba di rumah Badrodin pada Rabu pukul 14.15 WIB.

Beberapa anggota Komisi III yang ikut dalam rombongan di antaranya Akbar Faisal, Arsul Sani, Nasir Jamil, Patrice Rio Capella, Ahmad Basarah, Trimedya Panjaitan, Desmon J Mahesa dan Ruhut Sitompul.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015