... aplikasi yang paling banyak diperbarui adalah aplokasi media sosial (37,78 persen), diikuti aplikasi tools (19,98 persen), dan game (13,54 persen)...
Jakarta (ANTARA News) - Pengguna smartphone Android di Indonesia masih enggan memperbarui satu aplikasi dalam sehari berdasarkan riset MoboMarket, yang dirilis dalam acara Echelon Indonesia 2015, di Jakarta, Rabu.

Dalam laporan mengenai tren penggunaan smartphone Android di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2015, sebanyak 53,27 persen pengguna hanya memperbarui satu aplikasi dalam sehari, jika dirata-rata, pengguna hanya memperbarui 0-1 aplikasi setiap harinya. 

Sedangkan aplikasi yang paling banyak diperbarui adalah aplokasi media sosial (37,78 persen), diikuti aplikasi tools (19,98 persen), dan game (13,54 persen).

Dari riset tersebut, MoboMarket juga menemukan bahwa kebanyakan pengguna memasang tiga hingga empat aplokasi sosial dalam smartphone mereka.

Dari sisi aktivitas pengunduhan, MoboMarket mencatat sebanyak 15,11 persen pengguna rutin mengunduh aplikasi setiap harinya. Kebanyakan pengguna, yakni sebesar 37,20 persen mengunduh hanya satu aplikasi per hari. Sementara, sebanyak 24,49 persen mengunduh lima aplikasi atau lebih setiap harinya. Meski begitu, jika dirata-rata setiap hari pengguna mengunduh sekitar satu aplikasi per hari.

Melalui laporan tersebut, Managing Director Baidu Indonesia Bao Jianlei mengatakan bahwa MoboMarket ingin memberikan gambaran mengenai aktivitas dan kebiasaan pengguna smartphone di Indonesia.

"Kami merilis laporan mengenai tren penggunaan smartphone Android ini sejalan dengan komitmen kami untuk turut mengembangkan ekosistem mobile internet di Indonesia," ujar Bao.

"Kami berharap hasil riset MoboMarket ini dapat memberikan wawasan mengenai tren terkini di pasar mobile di Indonesia kepada para pelaku industri mobile internet, terutama bagi para pengembang game dan aplikasi mobile di negeri ini," tambahnya.

Hingga akhir Maret 2015, MoboMarket telah diunduh sebanyak 10 juta kali dan memiliki lebih dari 3 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia.

Hadir sebagai toko aplikasi alternatif, MoboMarket menawarkan 643.000 aplikasi bagi para pengguna Android di tanah air. Selama kuartal I 2015, MoboMarket mencatat sebanyak 361 juta aplikasi telah diunduh oleh para penggunanya di Indonesia.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015