Jakarta (ANTARA News) - Nokia secara resmi mengakuisisi Alcatel-Lucent senilai 15,6 miliar dolar AS.

Pemegang saham Alcatel-Lucent akan mendapatkan 33,5 persen saham gabungan, sementara para pemegang saham Nokia akan memiliki 66,5 persen lainnya.

Kesepakatan itu telah disetujui oleh dewan direksi masing-masing perusahaan dan diharapkan bisa diselesaikan pada paruh pertama 2016, menunggu persetujuan pemegang saham Nokia, badan pengawas dan pertimbangan lainnya.

Sangat penting untuk dicatat bahwa Alcatel-Lucent tidak terhubung dengan ponsel Alcatel selain nama. Alcatel-Lucent memproduksi peralatan jaringan yang mirip dengan Nokia Networks.

Dengan kekuatan gabungan mereka, keduanya akan menangani pengembangan teknologi 5G, Internet of Things dan meningkatnya ketergantungan pada layanan cloud.

Perusahaan gabungan tersebut akan dinamai Nokia Corporation dan bermarkas di Finlandia, dengan kehadiran yang kuat di Prancis, mengingat Alcatel-Lucent merupakan perusahaan asal Prancis.

CEO Nokia saat ini Rajeev Suri dan Chairman Risto Siilasmaa akan tetap menduduki posisinya di perusahaan baru tersebut, demikian GSM Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015