Jakarta (ANTARA News) - Toyota Motor Corp berencana memindahkan produksi mobil kompak Corolla dari Cambridge, Ontario ke pabrik baru di Meksiko, sebagai bagian dari efisiensi.

Toyota mengkonfirmasi pada Rabu bahwa perusahaan otomotif Jepang itu akan memindahkan produksi Corolla ke pabrik baru bernilai investasi 1 miliar dolar di Meksiko pada 2019, menurut Globe and Mail mengutip sumber resmi yang mengetahui masalah itu.

Sementara pabrik di Cambridge nantinya akan memproduksi (mobil) ukuran-menengah (mid-sized), kendaraan-kendaraan bernilai-tinggi.

Toyota juga akan menyuntikkan investasi baru yang signifikan selama beberapa tahun di pabrik perakitan di Cambridge dan Woodstock, Ontario.

Sementara tingkat pekerjaan di dua pabrik Toyota di Ontario, Kanada diharapkan tidak berubah, memindahan produksi menggarisbawahi bagaimana posisi daya saing Kanada untuk pembuatan kendaraan telah terkikis.

Toyota dilaporkan telah merakit sekitar 3,5 juta unit model Corolla di Cambridge.

Reuters melaporkan bahwa Toyota juga berencana untuk mengumumkan pabrik mobil baru di Guangzhou, Tiongkok, pekan ini.

Pabrik Toyota di Cambridge diperkirakan akan difungsikan untuk memproduksi kendaraan-kendaraan yang lebih besar setelah pabrik di Meksiko mulai beroperasi.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015