Jakarta (ANTARA News) - Komisi III DPR RI dalam rapat pleno pada Rabu (15/4) memutuskan melanjutkan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri, yang dijadwalkan pada Kamis (16/5) pukul 10.00 WIB.

"Rapat pleno besok (Kamis 16/4) mengagendakan mendengarkan pemaparan dari Pak Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri," kata Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsudin di Gedung Nusantara II, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan setelah Badrodin memaparkan visi misinya maka anggota Komisi III DPR RI akan mengajukan pertanyaan kepada yang bersangkutan.

Menurut dia setelah agenda uji kelayakan dan kepatutan selesai maka masing-masing fraksi akan dimintai pendapat akhirnya terkait calon Kapolri.

"Mudah-mudahan besok (Kamis 16/4) bisa dijadwalkan pembuatan surat kepada Pimpinan DPR RI untuk mengagendakan rapat paripurna dalam waktu terdekat," ujarnya.

Aziz mengatakan diharapkan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri bisa selesai besok atau tepatnya sebelum pelaksanaan Konferenai Asia Afrika yang dimulai 19-24 April 2015.

Menurut dia Indonesia sudah terlalu lama membiarkan kosong posisi Kapolri sehingga harus segera ditetapkan seorang diposisi tersebut.

"Tadi ada juga usulan untuk mempersingkat (proses uji kelayakan dan kepatutan) karena ada agenda pembahasan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 1 tahun 2015 tentang Plt Pimpinan KPK yang batas akhirnya tanggal 24 April," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Benny K Harman mengatakan penyampaian pertanyaan oleh anggota Komisi III DPR RI dimaksudkan agar legislator mendalami visi dan misi Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri.

Menurut Benny masing-masing fraksi dalam rapat pleno tadi menyampaikan sudah mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan dalam uji kelayakan dan kepatutan.

"Fraksi Partai Demokrat sudah mempersiapkan 13 pertanyaan pokok untuk disampaikan dalam uji kelayakan dan kepatutan," katanya.

Benny menjelaskan dalam Rapat Pleno tadi juga muncul usulan agar meminta Presiden Joko Widodo membatalkan pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan dan melantik Komjen Pol Badrodin Haiti. Menurut dia kepastian hal itu akan diputuskan dalam Rapat Pleno pada Kamis (16/5) setelah didiskusikan di masing-masing fraksi.

Dia enggan memprediksi proses uji kelayakan dan kepatutan selesai pada Kamis (16/4) karena semuanya ditentukan proses dan dinamika esok hari.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015