Bandung (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo meninjau tempat pelaksanaan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung.

"Saya lihat secara umum 95 persen, secara umum sudah baik," kata Presiden Joko Widodo usai meninjau Gedung Merdeka Bandung, Kamis siang.

Selain melihat kondisi Gedung Merdeka, Presiden juga meninjau layanan bandara dan hotel di Bandung.

"Tadi kita sudah melakukan checking dari sejak Bandara di Halim. Naiknya dari Halim kemudian turun Bandara Husein di Bandung sudah kita cek semuanya," katanya.

"Kemudian ke hotel. Kemudian ke Gedung Merdeka. Saya lihat tadi kanan kiri kota, secara umum 95 persen masih ada kurang cat ya sedikit-sedikit. Kurang tambahan bunga sedikit-sedikit. Toilet juga tadi kita cek secara umum sudah 95-96 persen," kata Presiden.

Dari Bandara Husein Sastranegara, Presiden meninjau Hotel Savoy Homan lalu memeriksa kondisi Gedung Merdeka.

Selain melihat ruang utama Gedung Merdeka, Presiden juga memeriksa ruangan lain, termasuk kamar kecil serta kelengkapan kegiatan lainnya.

Selama di Gedung Merdeka, Presiden sempat menyapa tim angklung Universitas Padjadjaran dan Korps Musik Kodam Siliwangi.

Dari Gedung Merdeka, Presiden berjalan kaki menuju Masjid Agung Bandung selain menunaikan sholat dhuhur dan melihat kondisi masjid, yang akan menjadi tempat Shalat Jumat para kepala negara yang pekan depan menghadiri peringatan KAA di Bandung.

Rombongan Presiden kemudian menuju Gedung Pakuan yang akan menjadi tempat jamuan makan siang para tamu negara.

Kepala Negara mengatakan hingga hari ini ada 79 negara yang menyatakan akan mengirim delegasi ke konferensi dan ada 28 kepala negara atau kepala pemerintahan yang akan hadir.

Presiden Joko Widodo mengecek persiapan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika antara lain didampingi Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Panglima TNI Moeldoko, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan juga mendampingi Presiden meninjau beberapa tempat kegiatan peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung.

Presiden dan para menteri dijadwalkan kembali ke Jakarta pada Kamis sore.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015