Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa sampai saat ini sudah ada 34 kepala negara atau kepala pemerintahan dan 77 negara yang memberikan konfirmasi untuk menghadiri acara pertemuan dan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Jumlah konfirmasi meningkat per tanggal 16 April. Jumlah negara yang konfrimasi ada 77 negara dan kepala negara atau pemerintahan yang hadir 34, di antaranya enam wakil kepala negara," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis.

Arrmanatha mengatakan konfirmasi kehadiran dari negara-negara Asia dan Afrika akan terus meningkat menjelang penyelenggaraan KAA.

Menurut Kementerian Luar Negeri, kepala negara atau kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi akan hadir antara lain dari Brunei Darussalam, Jordania, Swaziland, Tiongkok, Korea Utara, Iran, Madagaskar, dan Malawi.

Selain itu juga ada kepala negara atau kepala pemerintahan dari Myanmar, Namibia, Afrika Selatan, Sudan, Timor Leste, Vietnam, Zimbabwe, Bangladesh, Kamboja, Mesir, Gabon, Malaysia, Nepal, Pakistan, Palestina, Singapura, dan Thailand.

Sementara wakil kepala negara atau wakil kepala pemerintahan yang telah mengonfirmasi untuk menghadiri Peringatan KAA ke-60 yakni dari Aljazair, Angola, Liberia, Filipina, Seychelles, dan Zambia.

Arrmanatha mengatakan dalam KAA nanti juga akan hadir perwakilan dari enam organisasi internasional yaitu Asian Development Bank, Uni Afrika, ASEAN, Perserikatan Bangsa-Bangsa, Liga Negara Arab, South Center.

"Jadi, jumlah delegasi yang akan hadir di KAA itu ada 1.800. Media yang sudah registrasi ada 1.300. Sementara jumlah pengusaha yang akan hadir dalam Asia-Africa Business Summit adalah 480 orang," ungkap dia.

Ia memperkirakan jumlah total peserta KAA di luar delegasi Indonesia sekitar 3.600 orang.

"Jadi, Jakarta pada 19 sampai 23 April akan kedatangan tamu sekitar 3.600-an. Dan biasanya pada saat terakhir akan bertambah terus," kata Arrmanatha.

Pertemuan KAA dan Peringatan 60 tahun KAA di Jakarta dan Bandung meliputi sejumlah pertemuan termasuk pertemuan pejabat tingkat tinggi kawasan Asia-Afrika pada 19 April dan pertemuan tingkat menteri pada 20 April.

Selanjutnya pada 21-22 April akan ada Pertemuan Puncak Bisnis Kawasan Asia-Afrika (Asia-Africa Business Summit).

Sementara konferensi tingkat tinggi akan berlangsung 22-23 April. Rangkaian pelaksanaan KAA akan berakhir 24 April dengan kegiatan napak tilas KAA oleh para kepala negara di Bandung.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015