Jakarta (ANTARA News) - Komisaris Jenderal Pol. Badrodin Haiti menyatakan akan fokus memperkuat internal Polri apabila menjabat sebagai Kepala Polri.

"Pertama meningkatkan soliditas di internal Polri karena itu mutlak dilakukan konsolidasi ke dalam sebagai modal pelaksanaan tugas nanti," kata Badrodin saat uji kelayakan dan kepatutan calon kepala Polri di Ruang Rapat Komisi III DPR, Jakarta, Kamis.

Badrodin mengatakan konsolidasi ke dalam dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas tugas Polri.

Selain itu Badrodin berencana menjalankan berbagai program prioritas di antaranya terkait penegakkan hukum, peningkatan perlindungan kepada masyarakat dan penyelesaian kasus-kasus yang menjadi perhatian masyarakat, terutama kasus korupsi.

"Lalu meningkatkan profesionalitas anggota Polri dengan berbagai hal yang bisa kami lakukan, termasuk bagaimana anggaran Polri harus ditingkatkan agar bisa lebih baik," ujarnya.

Dia juga berencana menertibkan sistem manajemen internal Polri, termasuk mengatasi penyimpangan-penyimpangan seperti praktik calon dan pungutan liar.

Badrodin menyatakan berkomitmen meningkatkan penindakan terhadap pelaku korupsi serta kejahatan narkoba, terorisme, pencurian ikan dan dan kejahatan siber.

"Kasus yang meresahkan masyarakat akan kami lakukan penegakkan hukum karena itu kerja sama antar penegak hukum harus ditingkatkan," katanya.

Selain itu dia akan membentuk tim untuk mencegah penyimpangan di internal Polri.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015