SHENZHEN, Tiongkok, 17 April 2015 (Antara/PRNewswire) -- Produsen televisi terbesar asal Tiongkok, Skyworth Group, pada 11 April  menggelar event Overseas Distributor Convention & New Product Exhibition di Shenzhen, Tiongkok. Mengusung tema "Tren & Tren Berkembang", direktur eksekutif & CEO Skyworth Digital Holdings Limited  dan presiden Skyworth Group, Yang Dongwen, bersama dengan kepala divisi TV berwarna dan para kepala anak perusahaan yang memproduksi lemari es, mesin cuci, dan pendingin ruangan, mengumumkan dimulainya strategi ekspansi internasional grup ini.

"Untuk memacu eksekusi ekspansi internasional, Skyworth akan merancang dan membangun jaringan rantai pasokan dan operasi berskala besar dengan progresif di luar Tiongkok. Di saat bersamaan, kami juga berencana untuk secara agresif mempromosikan berbagai produk unggulan kami dalam rangka membangun pengakuan di pasar internasional."

Mr. Yang menambahkan kalau Skyworth telah menetapkan target penjualan seluruh produk elektronik rumah tangga hingga 10 juta unit selama tiga tahun ke depan, dengan produk utama yaitu televisi - dengan kontribusi pendapatan diproyeksikan mencapai 30% dari seluruh lini produk - dan berbagai peralatan rumah tangga lainnya seperti lemari es, mesin cuci, dan pendingin ruangan - yang diproyeksikan meraup 10% dari total pendapatan. Hingga 2020, Skyworth berambisi untuk mewujudkan penjualan peralatan rumah tangga sebanyak 15 juta unit, 50% diantaranya akan dijual dengan menggunakan merek eksklusif."

"Untuk mewujudkan target ambisius tersebut, Skyworth akan mengembangkan jaringan operasional yang dikelola secara independen di luar negeri dengan menggelontorkan investasi besar di dalam riset dan pengembangan, sehingga akan mengoptimalkan performa penjualan dan pusat biaya serta mendukung kegiatan pemasaran kami di pasar internasional dengan dukungan pendanaan yang kuat," ujar Mr. Yang. "Dengan mengacu kepada strategi ini, kami berharap dapat meninggalkan status kami sebagai produsen berbasis OEM dan ODM dan untuk kemudian diakui pasar internasional sebagai produsen produk-produk eksklusif kami sendiri," tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, wakil direktur Skyworth Group dan CEO divisi TV berwarna, Liu Tangzhi, mengumumkan program yang berisi delapan rencana kerja untuk strategi ekspansi internasional tahun ini, termasuk berbagai target yang diantaranya ditujukkan untuk karyawan, litbang, rantai pasokan, branding, dan modal operasi.

Turut hadir di dalam event tersebut pendiri Skyworth,  Huang Hongsheng, ketua dewan direksi Skyworth Digital Holdings, Lin Weiping, dan para kepala anak-anak perusahaan Skyworth Digital Holdings yang memproduksi TV berwarna, pendingin ruangan, lemari es, dan mesin cuci.   
 
Kondisi yang Baru untuk Wujudkan Strategi baru
Sebagai produsen televisi terkemuka di Tiongkok, Skyworth berhasil menjaga lagu pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 14,8% selama lima tahun terakhir dan juga adalah perusahaan yang memiliki nilai merek dengan pertumbuhan terpesat di sektor televisi berwarna selama enam tahun berturut-turut. Mengacu kepada laporan analisis bulanan pasar TV LCD Tiongkok AVC, Skyworth memiliki pangsa pasar terbesar di pasar TV berwarna domestik. selain itu, Skyworth juga menguasai pangsa pasar set-top box HD domestik terbesar.

Kini, sektor perekonomian Tiongkok telah memasuki sebuah fase yang disebut "kondisi normal yang baru" atau "new normal", yang mengindikasikan pertumbuhan eksplosif perekonomian Tiongkok selama beberapa tahun terakhir diperkirakan tidak akan terulang kembali. Mengacu kepada inisiatif "One Belt, One Road" yang diterapkan oleh pemerintah Tiongkok, Skyworth akan mengelola operasinya di pasar domestik dengan hati-hati sekaligus berekspansi ke pasar internasional secara progresif guna memperluas pangsa pasar. Skyworth juga telah merancang strategi pengembangan yang difokuskan terhadap penguatan berbagai bisnis intinya sekaligus berekspansi ke berbagai sektor terkait lainnya. Mr. Yang menjelaskan kalau Skyworth, melalui strategi barunya, akan memprioritaskan empat sektor: inovasi di dalam produk, inovasi di dalam model bisnis, ekspansi ke berbagai sektor bisnis terkait, dan globalisasi produk.

Sejauh ini, Skyworth telah membuat permulaan yang positif dalam mengeksekusi strategi ekspansi  internasionalnya: penjualan internasional produk set-top box telah melampaui pencapaian penjualan berbagai peralatan elektronik rumah tangga Skyworth di pasar domestik dan internasional. Skyworth telah meraup penjualan yang signifikan di pasar Asia Tenggara, Asia Selatan dan Afrika, hal ini dibuktikan dengan keberhasilan Skyworth memperluas penjualan produk set-top box-nya di Afrika, India, Thailand, dan Filipina, dan juga menjadi merek unggulan di berbagai pasar regional seperti Indonesia, Vietnam, dan Myanmar.

Sebagaian besar hadirin event Overseas Distributor Convention & New Product Exhibition berasal dari  
kawasan-kawasan tersebut, seperti Thailand, Filipina, Vietnam, India, Indonesia, dan Afrika Selatan. Negara-negara tersebut menjadi pasar dimana Skyworth mengalami pertumbuhan paling pesat dalam beberapa tahun terakhir.      

Tentang Skyworth
Didirikan pada 1988 dengan berkantor pusat di Shenzhen High-tech Industrial Park, Skyworth kini mempekerjakan lebih dari 35.000 karyawan. Sebagai perusahaan asli Tiongkok yang berskala internasional, Skyworth adalah perusahaan elektronik raksasa yang memproduksi diantaranya elektronik konsumen, televisi, set-top box digital, monitor keamanan, komunikasi jaringan, semikonduktor, lemari es, mesin cuci, 3Cdigitals, dan lampu LED. Perusahaan induknya, Skyworth Digital, terdaftar pada Bursa Efek Hong Kong pada 2000. Pada November 2014, salah satu anak perusahaannya, Skyworth Digital Co., Ltd. diakuisisi (back-door listing) oleh China Resources JinHua Co., Ltd., perusahaan public shell yang non-aktif (dormant company), pada bursa utama Bursa Efek Shenzhen, dengan simbol SZ000810, sehingga berhasil mengamankan plaftorm modal di pasar modal A-share daratan Tiongkok.

Memasuki umur ke-27 tahun, Skyworth kini telah berhasil menjadi satu diantaranya 10 merek televisi berwarna terkemuka di dunia, yang teratas di industri televisi Tiongkok, dan menghuni peringkat ke-13 pada daftar  Top-100 Electronic Information Technology Enterprises. Nilai merek Skyworth mencapai 55,695 miliar yuan pada 2014. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.skyworth.com.

Foto - http://photos.prnasia.com/prnh/20150416/0861502969



Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015