Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais mengusulkan kepada pemerintah untuk membeli pesawat tempur baru dengan harga yang jelas dibanding menerima hibah.

Usulan itu disampaikan Hanafi terkait dengan terbakarnya pesawat tempur F-16 di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma kemarin.

Katanya, pesawat tempur F-16 merupakan pesawat hibah dan menjadi pelajaran bahwa kalau menerima barang hibah harus selektif.

"Insiden kemarin beri peringatan pesawat hibah harus dievaluasi. ‪Tidak menerima hibah dulu dan fokus beli baru dengan harga pasar yang jelas. Ini pintu masuk pemerintah untuk serius untuk bangun industri pertahanan Indonesia," kata Hanafi di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat.‬

Ditambahkannya, usulan pembelian pesawat yang baru juga dalam rangka untuk meningkatkan alat utama sistem persenjataan atau alutsista

"Ini pintu masuk pemerintah dan TNI untuk membangun industri pertahanan kita. Jangan hanya slogan, kalau pemeritah mau membangun pertahanan harus fokus bangun alutsista. Kita sebaiknya mengevaluasi dulu apa yang salah hibah tersebut sampai muncul insiden kemarin," kata politisi PAN itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015