Jayapura (ANTARA News) - Pemerintah Kota Jayapura berencana melalang jabatan lurah dan camat atau kepala distrik mulai tahun depan.

"2016 saya akan mencoba lelang jabatan di tingkat distrik dan kelurahan dengan kriteria-kriteria yang kita berikan," ungkap Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano di Jayapura, Jumat.

Dia menegaskan, rencana tersebut dibuat karena ia kecewa atas kinerja sejumlah lurah dan kepala distrik yang mendapat sorotan langsung masyarakat.

"Saya lihat lurah dan kepala distrik tidur, tidak bekerja keras membantu. Masyarakat juga mengeluh ada yang kantornya buka jam 10, aparatnya tidak ada, benderanya juga tidak naik, masyarakat kan sangat menyoroti kinerja birokrasi ditingkat bawah," tuturnya.

Otonomi yang diberikan kepada pemerintahan pada tingkat kelurahan dan kecamatan, pandang Mano, harusnya membuat lurah dan camat lebih prima dalam melayani masyarakat.

"Kita sudah memberikan kewenangan penuh untuk tingkat distrik dan kelurahan agar mereka bisa bekerja semaksimal mungkin melayani masyarakat karena mereka ini yang lebih dekat dengan masyarakat, dan masyarakat butuh layanan yang cepat dan prima," kata dia.

Pewarta: Dhias Suwandi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015