... payung kertas khas Kalibagor juga akan dipasang di tempat-tempat tertentu sebagai hiasan atau aksesori...
Purwokerto, Jawa Tengah (ANTARA News) - "Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bakal menjadikan payung kertas khas Kalibagor sebagai cendera mata bagi wisatawan," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Banyumas, Agus Nur Hadie.

"Selain sebagai cendera mata, payung kertas khas Kalibagor juga akan dipasang di tempat-tempat tertentu sebagai hiasan atau aksesori," kata Hadie, di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jumat. Pada masa pemerintahan kolonialis Belanda, posisi dan peran Karesidenan Banyumas yang sangat luas itu sangat penting. 

Ia mengakui keberadaan industri kerajinan payung kertas khas Kalibagor telah mati suri karena sekarang payung sudah berganti dengan produk pabrikan yang lebih murah dan praktis.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintahan Banyumas berupaya membangkitkan kembali industri kerajinan payung kertas Kalibagor yang pernah terkenal melalui kegiatan Banyumas Extravaganza 2015 yang mengusung tema Payung Kalibagoran Dalam Lambaian Batik Banyumasan.

"Namun itu bukan berarti kembali ke masa lalu, di mana payung Kalibagor menjadi kebutuhan," katanya.

Menurut dia, dalam  Banyumas Extravaganza 2015 yang ditujukan untuk memperingati HUT ke-433 kabupaten itu akan digelar pada Minggu (19/4), semua peserta terutama yang memeragakan busana batik Banyumasan akan membawa payung kertas khas Kalibagor.

Sementara bagi peserta lainnya, kata dia, setiap kelompok diwajibkan membawa minimal dua payung kertas.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015