... Lippert harus membuang kebiasaan buruk membuat celotehan jahat yang membelokkan kebenaran serta memicu perang, mencari masalah dengan kami...
Seoul (ANTARA News) - Badan propaganda Korea Utara mengatakan, duta besar AS untuk Korea Selatan bisa saja mengalami kecelakaan lebih parah daripada serangan pisau ke wajahnya pada bulan lalu jika ia tidak berhenti menghina Korea Utara dengan tudingan menggelikan.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Korea Selatan, Mark Lippert, dalam pidatonya, Rabu, mengatakan, jika memperbaiki catatan tentang HAM serta mengambil langkah mengakhiri program nuklir, Korea Utara akan dihadiahi kesejahteraan dan hubungan lebih baik dengan dunia luar, termasuk Amerika Serikat.

Komite untuk Reunifikasi Damai Korea di Korea Utara mengatakan, pernyataan Lippert itu membuktikan Washington memang berniat menimbulkan permusuhan.

"Lippert harus membuang kebiasaan buruk membuat celotehan jahat yang membelokkan kebenaran serta memicu perang, mencari masalah dengan kami," kata komite itu dalam rubrik yang dimuat di laman resminya Uriminzokkiri.

"Kalau tidak, lain kali, ia bisa mengalami kecelakaan lebih buruk daripada digores di pipinya oleh warga Korea Selatan," katanya.

"Ini penghinaan dan ejekan terhadap kami yang tak bisa diterima serta tudingan menggelikan dan kurang ajar yang tidak dapat diabaikan," kata komite Korea Utara itu.

Korea Utara seringkali mengecam Amerika Serikat, sekutu terbesar Korsel, dan menuding menyiapkan penyerangan dalam waktu dekat.

Wajah Lippert disayat dengan pisau buah oleh seorang pria Korea Selatan yang memiliki sejarah perilaku labil, dalam forum makan pagi di Seoul tengah sehingga harus menerima 80 jahitan. Ia juga luka di lengannya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015