Tugas beratnya adalah mengembalikan kepercayaan publik kepada institusi Polri. Ini tugas yang paling berat,"
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie mengatakan tugas berat yang akan dipikul Jenderal Polisi Badrodin Haiti sebagai Kepala Kepolisian RI (Kapolri) yang baru dilantik adalah mengembalikan kepercayaan masyarakat Indonesia.

"Tugas beratnya adalah mengembalikan kepercayaan publik kepada institusi Polri. Ini tugas yang paling berat," kata Jimly Asshiddiqie usai menghadiri Rapat Majelis Pimpinan Paripurna Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Jakarta, Jumat petang.
 
Jimly yang juga menjabat Ketua Dewan Penasehat ICMI mengatakan tugas kedua Badrodin Haiti adalah memaksimalkan upaya Polri untuk menjaga keamanan Indonesia.

"Tugas kedua adalah mengefektifkan fungsi keamanan sehingga penegakan hukum bisa berjalan sesuai aturan," kata Jimly.

Di sisi lain, Jimly optimistis Badrodin bisa melakukan perubahan di tubuh Polri karena sudah lama mengenal institusi itu.

"Badrodin bukan orang baru sehingga tinggal melanjutkan dan melakukan konsolidasi ke dalam supaya tidak terkesan kepemimpinannya tidak utuh," katanya.

Sebelumnya, Jenderal Polisi Badrodin Haiti resmi menjabat sebagai Kepala Kepolisian RI setelah dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta pada Jumat pagi.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015