Walaupun para delegasi nantinya berangkat menggunakan pesawat terbang, tidak menutup kemungkinan bisa jadi lewat darat,"
Cimahi (ANTARA News) - Kepolisian Resor Cimahi, Jawa Barat, antisipasi pengamanan jalur darat Kereta Api dan tol wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi jika delegasi Konferensi Asia Afrika (KAA) tidak menggunakan pesawat.

"Walaupun para delegasi nantinya berangkat menggunakan pesawat terbang, tidak menutup kemungkinan bisa jadi lewat darat," kata Kepala Polres Cimahi AKBP Erwin Kurniawan di Cimahi, Jumat.

Ia mengatakan, pengamanan jalur darat di wilayah hukumnya itu untuk antisipasi apabila terjadi cuaca buruk sehingga tidak dapat melakukan penerbangan.

Jika pesawat yang akan membawa delegasi KAA itu tidak bisa terbang, kata Kapolres tentunya akan menggunakan transportasi alternatif yakni mobil melalui jalur tol dan Kereta Api dari Jakarta menuju Bandung.

"Apabila terjadi cuaca yang tidak memungkinkan atau cuaca buruk dan tidak bisa melakukan penerbangan, akhirnya menggunakan kereta dan jalan tol," katanya.

Ia menambahkan, Polres Cimahi siap menerjunkan 350 personel untuk pengamanan peringatan ke-60 KAA di Gedung Merdeka, Kota Bandung, 24 April 2015.

Pihaknya juga melakukan operasi cipta kondisi yang bekerjasama dengan instansi lain untuk mencegah gangguan keamanan yang dapat mengganggu jalannya peringatan KAA.

"Kita ingin menunjukan kepada dunia internasional, kalau kita sudah melakukan kewajiban, sehingga tidak ada ancaman kepada kepala negara yang akan hadir nanti," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015