Manama (ANTARA News) - Kimi Raikkonen memimpin Ferrari untuk menduduki posisi satu-dua pada latihan pertama Grand Prix Bahrain pada Jumat, sedangkan posisi juara bertahan Formula 1 Mercedes merosot di catatan waktu.

Pemuncak klasemen Lewis Hamilton hanya berada di posisi 16 tercepat, sedangkan rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg menduduki posisi ke15, di mana Raikkonen dan rekan setimnya Sebastian Vettel mencatatkan waktu-waktu putaran tercepatnya di akhir sesi.

Dengan latihan yang dilakukan di tengah temperatur trek yang mencapai 53 derajat celsius, kemungkinan akan jauh lebih panas saat sesi kualifikasi dan balap Minggu sore, Mercedes memilih untuk melakukan pendekatan yang berbeda dan laju-laju yang lebih panjang.

"Jangan berharap adanya lompatan-lomatan sebelum akhir sesi. Ban-ban kami masing-masing telah melewati 15 putaran di mana yang lainnya akan menggunakan set-set yang masih segar," kata tim melalui Twitter, sebelum membawa kembali kedua mobil ke garasi sembilan menit sebelum usai.

Putaran tercepat Raikkonen adalah satu menit 37,827 detik terjadi menjelang akhir setelah temperatur turun ke pertengahan 40 derajat celcius.

Valterri Bottas asal Finlandia mencatatkan waktu tercepat ketiga untuk Williams, di mana pebalap pemula asal Spanyol Carlos Sainz tercepat keempat untuk Toro Rosso, mengungguli pebalap Red Bull asal Australia Daniel Ricciardo.

Pebalap McLaren asal Spanyol Fernando Alonso merupakan pebalap tercepat ketujuh, setelah sempat mengisi posisi teratas untuk tim yang kesulitan tampil bagus pada awal kemitraan baru mereka dengan Honda.

Bagaimanapun, rekan setimnya Jenson Button, gagal menorehkan catatan waktu setelah terpuntir dan berhenti di trek pada menit-menit pembukaan, di mana terlihat ia mengalami masalah mati mesin.

Mercedes diperkirakan akan mendominasi balap Minggu, di mana juara dunia Hamilton dan Rosberg bertekad memenangi duel lain di gurun pasir setelah drama tahun lalu dan perselisihan terkini antara kedua pebalap di Tiongkok.

"Saya pikir dengan ban-ban ini dan dengan Ferrari di campurannya, saya pikir kita dapat melihat balap istimewa yang nyata di sini," kata Hamilton pada Kamis.

"Tahun lalu saya tidak lolos kualifikasi untuk menghuni pole (position) di sini, maka itu merupakan tantangan, namun sepanjang itu tidak mengganggu tantangan, maka kami berusaja untuk memenangi balap," tambah pemenang tahun lalu itu, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015