Kita siagakan personel untuk bergerak cepat membantu dalam hal evakuasi dan sebagainya."
Cimahi (ANTARA News) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cimahi, Jawa Barat, menyiapkan personel untuk siap siaga terhadap ancaman bencana alam di wilayah utara dan selatan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, selama agenda peringatan ke-60 Konperensi Asia Afrika (KAA) di Kota Bandung, akhir pekan depan.

"Apabila bencana terjadi itu akan menjadi pehatian juga jelang Konperesi Asia Afrika," kata Kapolresta Cimahi AKBP Erwin Kurniawan usai upacara Caraka Lodaya jelang KAA di Cimahi, Sabtu.

Ia mengatakan, hasil kajian yang perlu diantisipasi bencana alam seperti longsor di KBB yakni wilayah utara dan selatan karena kondisi tanahnya labil.

Menurut dia, kawasan itu perlu mendapatkan perhatian dari kepolisian dengan menyiagakan personel, meskipun bencana alam tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi.

"Suatu hal yang harus diantisipasi, apabila bencana terjadi tentu menjadi perhatian kita juga," katanya.

Ia menyebutkan, personel yang disiagakan memantau kawasan rawan bencana alam itu disiapkan untuk membantu penanggulangan bencana dengan cepat.

"Kita siagakan personel untuk bergerak cepat membantu dalam hal evakuasi dan sebagainya," kata Erwin.

Polres Cimahi menyiapkan 350 personel khusus untuk pengamanan di wilayah Cimahi dan KBB selama peringatan ke-60 KAA yang akan berlangsung 24 April 2015 di Bandung.

Polres Cimahi juga siap memberikan bantuan personel jika dibutuhkan untuk pengamanan di tempat diselenggarakannya KAA.

"Apabila pasukan dibutuhkan, maka siap digeser," demikian Erwin.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015