Surabaya (ANTARA News) - Ribuan suporter Persebaya 1927 atau bonekmania yang semula menggelar aksi damai di kawasan Hotel JW Marriot Jalan Embong Malang, tempat berlangsungnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Sabtu, mulai berangsur-angsur membubarkan diri setelah Menpora mengeluarkan surat pembekukan PSSI.

"Karena tuntutan pembekukan PSSI dikabulkan pemerintah, dalam hal ini Menpora, kami membubarkan diri," salah seorang koordinator aksi Siti Nasyiah.

Menurut dia, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Menpora yang sudah bertindak cepat dengan mengeluarkan surat pembekuan PSSI.

"Satu di antara tiga tuntutan sudah terpenuhi, kami langsung bubarkan diri," ujarnya.

Tiga tuntutan tersebut adalah Bonekmania mendukung presiden melawan mafia PSSI, Mendukung Menpora dan BOPI membekukan PSSI dan tegas terhadap PSSI serta mendesak Persebaya Surabaya dikembalikan seperti dahulu.

Sebelumnya suporter fanatik Persebaya 1927 ini, berkumpul di Taman Mundu Tambaksari sejak Jumat (17/4) malam. Para pendukung yang mengaku tersakiti oleh kebijakan PSSI ini datang dari seluruh Jawa Timur dan perwakilan dari Bonek Jakarta, Jabar, Jateng, Lombok, Makasar, Bali dan daerah lainnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi telah mengeluarkan surat pembekuan terhadap PSSI. Surat bernomor 0137 tahun 2015 tersebut ditandatangani langsung oleh Menpora pada tanggal 17 April 2015.

Surat tersebut menegaskan bahwa Kemenpora memberikan sanksi administratif berupa tidak mengakui seluruh kegiatan PSSI.

Selain tidak mengakui PSSI, Menpora juga menyatakan bahwa setiap keputusan dan atau tindakan yang dihasilkan oleh PSSI termasuk Keputusan hasil Kongres Biasa dan Kongres Luar Biasa tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat, tidak sah dan batal demi hukum bagi organisasi, Pemerintah di tingkat pusat dan daerah maupun pihak-pihak lain yang terkait.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015