Kamis, 17 Agustus 2017

Yohana: Festival Kartini layak jadi agenda nasional

| 8.900 Views
Yohana: Festival Kartini layak jadi agenda nasional
Yohana Susana Yembise. (ANTARA/Andika Wahyu)
Kedatangan ke Jepara, salah satunya karena ada sejarah soal perjuangan Raden Ajeng Kartini."
Jepara (ANTARA News) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise menilai Festival Kartini Jepara, Jawa Tengah, layak menjadi agenda nasional.

"Silakan Pemkab Jepara menindaklanjuti hal itu dengan mengajukan proposal ke pusat dan kami siap membantu," katanya ketika melakukan kunjungan pada rangkaian Festival Kartini 2015 di Jepara, Sabtu.

Menteri Pemberdayaan Perempuan tersebut mendapatkan kehormatan untuk melihat langsung lomba ukir yang diikuti kaum perempuan serta pelajar dan umum, festival kuliner lokal se-Jateng, dan pencanangan makan menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA).

Dalam kunjungannya ke Jepara, Menteri Pemberdayaan Perempuan tersebut didampingi pula Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko.

Nantinya, menurut Yohana, Kementerian Pemberdayaan Perempuan akan mensponsori kegiatan tersebut sehingga semua pihak diharapkan bisa hadir.

"Kedatangan ke Jepara, salah satunya karena ada sejarah soal perjuangan Raden Ajeng Kartini," ujarnya.

Usulan festival Kartini menjadi agenda nasional, menurut dia, nantinya juga akan dilakukan pengkajian di kementeriannya serta dikoordinasikan dengan kementerian lain yang dinilai terkait dengan kegiatan tersebut.

Sementara itu, Bupati Jepara Ahmad Marzuki menyambut positif usulan Festival Kartini yang tahun ini diadakan untuk ketiga kalinya dapat menjadi agenda nasional.

"Kami atas nama warga Jepara juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri Pemberdayaan Perempuan Yohana Susana Yembise," ujarnya.

Dalam waktu dekat, ia mengemukakan, Pemkab Jepara akan menindaklanjuti dengan pengajuan proposal ke pemerintah pusat.

Dengan menjadi agenda nasional, ia berharap, Festival Kartini nantinya tidak hanya dikunjungi masyarakat lokal, tetapi juga dari berbagai daerah di Tanah Air, terutama para pejabat dari biro pemberdayaan perempuan di Indonesia.

"Mudah-mudahan Jepara juga makin dikenal, termasuk sejumlah kerajinan serta objek wisata yang ada," ujarnya.

Ia menambahkan, Festival Kartini tahun ini memiliki 38 agenda kegiatan. Dari sejumlah agenda itu, sebanyak 31 kegiatan telah dilaksanakan.

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga