Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 1.703 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) akan dikerahkan untuk menertibkan kondisi DKI Jakarta selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika (KAA) 2015.

"Satpol PP memang bukan untuk pengamanan melainkan menertibkan dan sebagai mitra Gubernur DKI Satpol PP akan menerjunkan 1.703 petugas untuk menjaga ketertiban supaya DKI Jakarta terlihat cantik di mata tamu-tamu asing," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso kepada Antara, Sabtu.

Kukuh menjelaskan ribuan petugas itu akan tersebar di sepanjang jalan mulai dari Bandara Halim Perdana Kusuma, Kawasan Istana Negara, Kawasan Senayan, hingga di sejumlah hotel tempat tamu asing menginap.

"Tugas mereka yang tersebar itu memastikan trotoar bersih dari pedagang kaki lima, bersih dari spanduk yang tidak sesuai, menjaga jembatan penyebrangan orang untuk memastikan tidak ada yang melempar sesuatu, sementara sebagian lainnya berada di dekat hotel tempat menginap untuk menjaga ketertiban," kata Kukuh.

Menurut Kukuh, sebanyak 1.703 petugas itu sudah dibekali pengetahuan mengenai KAA sejak dua pekan lalu sehingga bisa menjelaskan kepada masyarakat atau pedagang yang kebetulan tertangkap petugasnya.

"Jadi, anggota Satpol PP sejak dua pekan lalu sudah di sosialisasi supaya bisa menjelaskan kepada padagang yang berdagang sembarangan," kata Kukuh.

Khusus untuk kawasan Senayan, kata Kukuh, pihaknya akan menerjunkan 160 petugas untuk menjaga masuknya pedagang liar ke dalam kawasan Senayan yang menjadi salah satu lokasi kegiatan KAA.

 Konferensi Asia Afrika ke-60 akan dilaksanakan pada 19-23 April 2015 di Jakarta dan 24 April 2015 di Bandung. Beberapa acara yang akan dilaksanakan dalam KAA di Jakarta di antaranya pertemuan pejabat senior (Senior Official Meeting) kawasan Asia-Afrika dan Pertemuan Puncak Bisnis Kawasan Asia-Afrika (Asia-Africa Business Summit).

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015