Medan (ANTARA News) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka kongres ke-empat Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu.

Dalam acara tersebut, presiden berkesempatan memberikan pidato pembukaan yang menjabarkan beberapa tantangan yang dihadapi Indonesia, seperti masih tingginya tingkat pengangguran.

"Yang pertama adalah jumlah pengangguran yang masih tinggi di mana pada tahun 2014 masih tercatat sebanyak 7,2 juta orang," ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kesempatan tersebut.

Kemudian yang kedua adalah tingkat kemiskinan yang juga masih sangat tinggi di mana pada 2014 masih tercatat sebesar 10,96 persen.

Tantangan yang ketiga adalah kesenjangan sosial antara kaya miskin, barat dan timur yang masih terlihat kesenjangan ekonomi yang sangat besar.

Selanjutnya yang keempat adalah masalah korupsi yang berdasarkan indeks korupsi di ASEAN, Indonesia menempati peringkat ke-enam setelah Singapura, Filipina, Malaysia dan Thailand.

"Ini menjadi pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh pemerintah bersama-sama," ujar Presiden Jokowi.

Kemudian kondiisi ekonomi yang sangat tidak memungkinkan dengan pertumbuhan ekonomi yang lemah, terlebih lagi akhir-akhir ini di mana nilai tukar Rupiah yang masih tertekan oleh Dolar.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPD Irman Gusman, Menkumham Yasona Laoly, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto,

Ketua Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Golkar hasil Munas Ancol Agung Laksono, Wakil Presiden ke-enam Tri Sutrisno, dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

(A050)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015