Sochi, Rusia (ANTARA News) - Anastasia Pavlyuchenkova bangkit dari ketinggalan satu set untuk mengalahkan Sabine Lisicki saat Rusia meraih keunggulan 2-0 atas Jerman pada semifinal Piala Fed di Sochi, Rusia, Sabtu.

Svetlana Kuznetsova sebelumnya mengalahkan Julia Goerges 6-4, 6-4 di lapangan tanah liat merah Adler Arena, saat juara empat kali Rusia melangkah lebih dekat menuju final.

Petenis 23 tahun Pavlyuchenkova menang 4-6, 7-6 (7/4), 6-3 dalam waktu dua jam dan 28 menit untuk membukukan kemenangan keduanya atas petenis peringkat 19 dunia Lisicki dalam beberapa kali pertemuan.

Petenis Jerman berusia 25 tahun itu mencuri angka servis lawan satu kali untuk memenangi set pertama dalam waktu 42 menit.

Pavlyuchenko yang menempati peringkat 38 dunia memulai set kedua dengan mencuri angka servis lawan untuk unggul 2-0, tapi Lisicki membalas pada game ke-10 untuk menyamakan kedudukan 5-5.

Tapi dalam "tiebreak", petenis Rusia itu bermain lebih akurat dan menyamakan kedudukan set.

Pada set penentuan Pavlyuchenkova menaikkan permainannya, mencuri angka servis lawan dua kali sejak dari awal untuk unggul 4-0 sebelum Lisicki memenangi game pertamanya pada set itu, juga melalui sebuah "break".

Kedua pemain bertukar "break" kembali sebelum petenis Rusia akhirnya menjaga ketenangannya dan menghasilkan angka dari servisnya sendiri untuk memastikan kemenangan dan membuat timnya unggul 2-0.

Kuznetsova, yang kini menempati peringkat 24 dunia, menjadi petenis Rusia paling sukses dalam sejarah Piala Fed dengan kemenangan ke-27 dia.

Kuznetsova unggul dengan tiga kali "break" untuk memenangi set pertama, sebelum memulai set kedua dengan mencuri angka servis lawan lagi.

Goerges (26), yang melakukan 45 kesalahan sendiri, membalas mencuri angka servis lawan untuk menyamakan game 2-2. Tapi petenis Rusia kemudian mencuri angka servis lagi pada game kesembilan.

Pada pertandinga silang tunggal pad Minggu, Kuznetsova akan menghadapi Lisicki, sebelum Pavlyuchenkova melawan Goerges.

Pada pertandingan terakhir, pasangan Rusia Elena Vesnina dan Vera Zvonareva, pengganti Maria Sharapova yang cedera, akan menghadapi pasangan Jerman Angelique Kerber dan Andrea Petkovic pada nomor ganda. Demikian laporan AFP.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015