Monte Carlo, Monaco (ANTARA News) - Novak Djokovic melangkah ke posisi potensial untuk meraih trofi keempatnya musim ini saat dia mencapai final keempat selama karirnya pada turnamen Monte Carlo Masters di Monte Carlo, Monaco, Sabtu, dengan kemenangan 6-3, 6-3 atas Rafael Nadal.

Djokovic, petenis nomor satu dunia dan meraih gelar di Australia Terbuka, ditambah dua turnamen pertama Masters 1000 pada 2015 di Indian Wells dan Miami, melaju ke finalnya yang ke-33 pada turnamen Masters dengan kemenangan dalam pertandingan selama 97 menit.

Dia kini sudah memenangi 16 pertandingan terakhirnya.

Nadal, juara delapan pada pada turnamen di kerajaan tersebut, bermain dengan gairah tapi masih terlihat masih kurang keyakinan dan masalah kebugaraan yhang mengganggunya selama beberapa bulan.

Pada Minggu, Djokovic akan membawa rekor 18-2 ke dalam final melawan unggulan keenam asal Ceko Tomas Berdych, yang menghancurkan mimpi final Gael Monfils 6-1, 6-4.

Djokovic mengatakan dia membutuhkan sebuah performa tertinggi untuk bisa melaju saat melawan Nadal saat dia memenangi pertandingan kelimanya dari enam pertandingan terakhir kedua pesaing tersebut.

"Saya sangat senang dengan cara saya bermain melawan seorang lawan berat. Rafa pemain terbaik sepanjang masa di lapangan tanah liat, ini bukan pertandingan mudah," kata petenis asal Serbia itu.

"Saya bermain bagus, sebuah kelegaan bisa meraih kemenangan ini. Ada banyak ketegangan, sulit untuk menjaga segalanya di bawah kendali," katanya.

Djokovic memenangi set pertama setelah bangkit dari kehilangan lebih dulu angka servisnya melawan Nadal, dengan unggulan teratas itu merebut set itu pada "set point" ketiganya.

Set kedua berporos pada game ketujuh yang berlangsung selama 11 menit, yang dimenangi Djokovic dengan sebuah "break" untuk unggul 4-3 setelah Nadal sempat unggul 40-0.

Djokovic memastikan kemenangan dua game kemudian dengan kembali mencuri angka servis petenis Spanyol itu, saat Nadal sempat lolos dari satu "match point" sebelum akhirnya menjadi korban sebuah tembakan menyilang.

Djokovic sedang berupaya menjadi petenis pertama yang memenangi tiga turnamen Masters pertama dalam satu musim dan akan memenangi untuk keempat kalinya secara beruntun - menyamai Nadal dalam kategori itu - setelah juga menang pada November 2014 di Paris Bercy, demikian laporan AFP.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015