London (ANTARA News) - Chelsea unggul sepuluh angka di puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah mereka menang 1-0 atas Manchester United pada Sabtu, ketika Leicester meninggalkan posisi juru kunci.

Eden Hazard mencetak gol semata wayang pada pertandingan yang dimainkan di Stamford Bridge untuk membuat pasukan Jose Mourinho berada di ambang gelar Inggris pertama mereka sejak 2010, dengan hanya enam pertandingan tersisa.

Gelandang Belgia itu mencetak satu-satunya gol pada pertandingan tersebut pada menit ke-38.

Oscar mengirim operan tumit menuju jalur pergerakan Hazard, yang bergerak memotong dari kiri, dan ia kemudian melepaskan tembakan mendatar melewati kiper United David de Gea.

Pada bagian lain klasemen, Leicester, yang semangatnya terdongkrak berkat kemenangan 3-2 mereka atas West Bromwich Albion pada akhir pekan silam, menang 2-0 atas Swansea.

Rubah-rubah hanya memerlukan waktu 15 menit untuk membuka keunggulan di Stadion King Power mereka.

Penyerang Argentina Leonardo Ulloa, yang dimasukkan ke dalam tim setelah sesama penyerang David Nugent mengalami cedera saat melakukan pemanasan, menyambar bola liar di kotak penalti setelah Wes Morgan membendungnya dari Ashley Williams.

Dan King memastikan kemenangan Leicester semenit sebelum pertandingan usai ketika ia mencetak gol, setelah tendangan bebas Esteban Cambiasso ditepis Lukasz Fabianski.

Kemenangan ketiga secara beruntun bagi Leicester membawa mereka meninggalkan dasar klasemen untuk pertama kalinya sejak November, dan membuat mereka hanya terpaut selisih gol dengan zona aman.

"Mendapatkan tiga kemenangan beruntun di divisi ini sangat sulit dan diragukan mengingat posisi kami berada saat ini," kata pelatih Leicester Nigel Pearson.

"Bahayanya adalah orang-orang mulai berpikir pekerjaannya telah usai. Ini masih jauh dari itu. Masih ada jalan panjang untuk dilalui."

Burnley mendapati diri berada di posisi juru kunci setelah kalah 0-1 dari tuan rumah Everton.

Everton semestinya unggul lebih cepat pada menit kesembilan di Goodison Park, ketika mereka mendapat penalti akibat Aaron Lennon dilanggar Dave Jones.

Namun eksekutor penalti reguler Leighton Baines tidak mengambil penalti, dan sepakan Ross Barkley dapat digagalkan kiper Clarets Tom Heaton.

Untungnya bagi Everton, hal itu dapat ditebus ketika pemain sayap Belgia Kevin Mirallas menyambar umpan silang Seamus Coleman pada menit ke-29.

Tugas Burnley menjadi lebih sulit ketika, menjelang turun minum, Ashley Barnes diusir keluar lapangan karena mendapatkan kartu kuning kedua setelah pelanggarannya terhadap Coleman.

Mirallas beruntung masih dapat berada di lapangan setelah pelanggaran kerasnya pada George Boyd pada awal babak kedua, di mana ia hanya mendapatkan kartu kuning.

Kepedihan "The Saints"

Upaya Southampton menembus zona Liga Champions digagalkan oleh kekalahan 1-2 dari Stoke.

Kekalahan membuat "The Saints" kehilangan peluang untuk menggeser Liverpool di peringkat kelima dan unggul dua angka atas Manchester City, yang saat ini menghuni peringkat keempat dan spot terakhir Liga Champions.

Juara bertahan Liga Utama Inggris City akan berhadapan dengan West Ham pada Minggu, sedangkan Liverpool bermain melawan Aston Villa pada semifinal Piala FA di Stadion Wembley.

Morgan Schneiderlin mencetak gol dari jarak dekat untuk membawa "The Saints" unggul pada menit ke-22 di Stadion Britannia, setelah Jose Fonte menyundul bola tendangan sudut dari kanan.

Namun The Potters mampu menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, ketika kiper "The Saints" Kelvin Davis gagal mengantisipasi bola cungkil Steven NZonzi. Bola membentur mistar gawang dan Mame Biram Diouf mencetak gol melalui bola pantul.

Dan Stoke berbalik unggul enam menit sebelum pertandingan usai, ketika Charlie Adam menindak lanjuti setelah tembakan Jon Walters dapat diblok.

"Kami tidak beruntung. Saya sekarang gembira dengan cara pemain bermain," kata pelatih Southampton Ronald Koeman kepada Sky Sports.

"Semua orang berbicara mengenai Liga Champions, kami tidak. Kami berbicara mengenai memainkan sepak bola yang bagus dan berjuang untuk tempat di Eropa," tambah pria Belanda itu.

West Brom unggul delapan angka atas zona degradasi berkat kemenangan 2-0 atas bekas klub pelatih mereka Tony Pulis, Crystal Palace.

James Morrison mencetak gol pada menit kedua di The Hawthorns ketika ia yang tidak terkawal, menanduk bola tendangan sudut dari jarak tujuh meter.

"The Baggies" menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-53 melalui tembakan Craig Gardner dari jarak 24 meter.

Tottenham Hotspur akan meneruskan perjuangan mereka untuk mengamankan satu tempat Eropa saat bertandang ke Newcastle pada Minggu. Demikian laporan AFP.

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015