Ostrava, Republik Ceko (ANTARA News) - Lucie Safarova dan Petra Kvitova memberi juara bertahan Republik Ceko keunggulan 2-0 atas Prancis dalam dua pertandingan pertama semifinal Piala Fed di Ostrava, Sabtu.

Dalam pertandingan di lapangan tanah keras CEZ Arena di kota bagian timur Ceko itu, petenis peringkat 13 dunia dan petenis nomor dua Ceko Safarova membutuhkan satu jam dan 58 menit untuk mengalahkan petenis peringkat 29 dunia Garcia 4-6, 7-6 (7/1), 6-1.

Petenis peringkat empat dunia Kvitova kemudian menundukkan petenis peringkat 58 dunia Kristina Mladenovic 6-3, 6-4 dalam waktu satu jam dan 21 menit untuk membawa Ceko tinggal meraih satu kemenangan lagi untuk mencapai final.

Dua petenis kidal itu sebelumnya memimpin Ceko menjuarai Piala Fed pada 2011, 2012, 2014, sementara Prancis sedang bermain pada semifinal pertamanya sejak 2007 setelah memenangi terakhir kalinya Piala Fed pada 2003.

Safarova dan Garcia menghasilkan angka dari servisnya masing-masing hingga game kesepuluh set pertama, saat Garcia yang bermain agresif mencuri angka dari servis lawannya dan memenangi set itu dengan 6-4.

Set kedua berlangsung mirip dengan set pertama itu tapi kali ini petenis 21 tahun Garcia menyia-nyiakan lima "match point" terhadap servis Safarova dan permainan berubah secara dramatis.

Petenis 28 tahun Safarova membawa set pada "tie-break" dan setelah menyapu Garcia 7/1, dia tidak pernah tertinggal lagi, menghabisi petenis muda Prancis itu 6-1 pada set ketiga.

Setelah istirahat selama sebulan, Kvitova, juara Wimbledon 2011 dan 2014, kekurangan semangat seperti biasanya saat melawan petenis 21 tahun Mladenovic.

Tapi sebuah "break" pada set pertama dan dua pada set kedua sudah cukup bagi petenis Ceko berusia 25 tahun itu melawan Mladenovic yang jauh tidak bersemangat.

Pada pertandingan Minggu, Kvitova dijadwakan berhadapan dengan Garcia, dan kemudian Safarova melawan Mladenovic, tapi kapten tim bisa mengubah pemain.

Pasangan Ceko Karolina Pliskova dan Barbora Strycova dijadwalkan menghadapi pasangan Prancis Alize Cornet dan Pauline Parmentier pada nomor ganda pada Minggu.

Pemenang pertandingan semifinal itu akan menghadapi Rusia atau Jerman pada final, demikian AFP.

(Uu.I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015